Saat pemilik kendaraan tiba, anggota polisi kemudian memeriksa kendaraan dan menemukan dua senjata tajam jenis parang, pelat nomor palsu dan kartu undangan pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung DPR RI.
Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan beredar di media sosial Twitter tentang diamankannya sebuah mobil bermuatan bahan peledak di daerah Mega Kuningan menjelang acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada Minggu (20/10).

Mobil tersebut ditemukan di kawasan Hotel Raffles, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, yang menjadi tempat menginap tamu negara yang berkunjung dalam rangka menghadiri pelantikan presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden Ma'ruf Amin.

Klaim: polisi amankan mobil bermuatan bahan peledak di daerah Mega Kuningan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden.
Rating: Salah/Misinformasi

Penjelasan

Kabid Humas Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan penemuan senjata tajam itu berawal dari adanya kendaraan yang parkir menghalangi lintasan tamu negara yang akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden.

Argo menyebut kendaraan berjenis Nissan Terra warna putih tersebut diparkir di lobi hotel yang menghalangi lintasan tamu negara sehingga anggota kepolisian bersama petugas hotel kemudian mendatangi kamar tempat pemilik kendaraan menginap untuk meminta mereka memindahkan kendaraannya.

Saat pemilik kendaraan tiba, anggota polisi kemudian memeriksa kendaraan dan menemukan dua senjata tajam jenis parang, pelat nomor palsu dan kartu undangan pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung DPR RI.

Dalam  pemeriksaan tersebut, polisi tidak menemukan bahan peledak, namun Polisi kemudian mengamankan dua orang pemilik mobil dan pengemudi berinisial IL dan HS tersebut lantaran penemuan senjata tajam di mobil tersebut.
 
Tangkap layar Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang informasi salah (hoaks) polisi mengamankan mobil bermuatan bahan peledak menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden.

Cek fakta: Pelantikan presiden, polisi amankan mobil mencurigakan di Jaksel


 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019