Ternate (ANTARA) - Direktorat Lalulintas Polda Maluku Utara menginstruksikan ke seluruh personelnya menggunakan pakaian adat berbagai daerah di Indonesia saat melakukan Operasi Zebra untuk peringati hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2019.

"Operasi Zebra Kieraha 2019 untuk hari ke-6 yang dilaksanakan menggunakan topi adat di beberapa provinsi ini, merupakan bagian dari memperingati hari sumpah pemuda ke-91 tahun 2019," kata Dirlantas Polda Malut, Komisaris Besar Polisi Abrianto Perdede, di Ternate, Senin.

Menurut dia, pakaian adat yang digunakan pada hari keenam Operasi Zebra ini merupakan bagian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini nampak terlihat dengan menggunakan pakaian adat sejumlah provinsi di Indonesia nampak terlihat di berbagai sudut jalan seperti di kawasan Jalan Batu Angus Ternate.

Satu persatu kendaraan baik roda dua, empat dan enam diberhentikan sejenak untuk dilakukan pemeriksaan surat baik kendaraan maupun surat pengedara berupa STNK maupun SIM.

"Tentunya, ini merupakan bentuk dari kebanggaan menjadi bagian dari Indonesia, karena itu topi yang kita pakai ini adalah bagian dari cintanya kita terhadap kekayaan budaya Indonesia," katanya tentang keragaman suku bangsa, budaya, kebiasaan, dan bahasa yang ada di Indonesia.

Juga baca: Makna Hari Sumpah Pemuda bagi Herjunot Ali

Juga baca: Sumpah pemuda, Menkominfo pesan anak muda terus berinovasi

Juga baca: Cinta Laura ajak generasi muda bangga dengan identitas Indonesia

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019