Belitung,Babel (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah memberikan apresiasi terhadap kelancaran kegiatan latihan pasukan TNI AL di Kabupaten Belitung.

"Saya sudah sejak dari pagi mengikuti kegiatan ini dari hulu sampai hilirnya dan mendapatkan makna kegiatan ini begitu sangat strategis dalam menguatkan pertahanan negara," katanya di Sijuk, Belitung, Sabtu.

Baca juga: TNI Angkatan Laut gelar latihan di Belitung

Menurut dia, sudah saatnya dilakukan konsolidasi dalam menguatkan pertahanan negara dengan segala kekuatan yang ada mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga alat persenjataan yang dimiliki.

Dia menyatakan, latihan semacam ini sangat perlu dilakukan sebagai ajang evaluasi atas sistem persenjataan yang dimiliki apakah masih layak dan baik digunakan jika dibandingkan dengan pihak lain.

"Ini juga sesuai arahan yang disampaikan Presiden kepada Menteri Pertahanan yakni harus dilakukan penguatan-penguatan pertahanan keamanan di dalam negeri," ujarnya.

Baca juga: Brigjen TNI Prianto tinjau kegiatan TMMD di Belitung

Dengan upaya semacam itu, kata Wagub, maka negara Indonesia nantinya akan menjadi negara yang disegani oleh bangsa lain.

Sementara itu, Komandan Pasukan Marinir 1, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan kegiatan latihan ini adalah untuk meningkatkan profesionalitas prajurit dalam menjalankan tugas ke depannya.

"Latihan ini merupakan latihan lanjutan satuan laut tahun 2019. Kami menggelar latihan di pantai ada pendaratan tank amfibi, penembakan artileri dan perebutan kota Tanjung Pandan," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019