Sebanyak 24 desa wisata yang menjadi peserta tersebut terdiri dari tiga kategori, yaitu tumbuh, berkembang, dan mandiri.
Sleman (ANTARA) - Sebanyak 24 desa wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memeriahkan Grand Final Festival Desa Wisata Sleman 2019 di Embung Kaliaji, Sangurejo, Wonokerto, Turi, Sleman, Minggu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan bahwa festival desa wisata diselenggarakan sebagai upaya evaluasi terhadap pengelolaan desa wisata di Kabupaten Sleman.

"Selain itu kegiatan ini juga untuk mendorong desa wisata aktif melakukan fungsinya sebagai pengungkit ekonomi masyarakat dan memantapkan sadar wisata serta sapta pesona," katanya.

Sebanyak 24 desa wisata yang menjadi peserta tersebut terdiri dari tiga kategori, yaitu tumbuh, berkembang, dan mandiri.

"Festival ini diisi dengan pameran kuliner, kerajinan dan atraksi seni dari 24 desa yang mengikuti festival desa wisata 2019 Kabupaten Sleman," katanya.

Baca juga: Wagub Jatim ajak akademisi muda wujudkan desa wisata inovatif

Menurut dia, seperti pada tahun sebelumnya penyelenggaraan Festival Desa Wisata pada dua tahun berturut-turut yaitu 2018-2019 dikolaborasikan dengan Jogjakarta International Heritage Walk (JIHW).

"Hal ini karena sejak 2018 sudah ditetapkan untuk permanent walk JIHW ada di Kecamatan Turi. JIHW sendiri diikuti oleh 500  peserta terdiri dari 300 peserta asing dan 200 peserta lokal," katanya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang membuka acara tersebut mengatakan bahwa keberadaan desa wisata di Kabupaten Sleman merupakan aset yang sangat penting dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Sleman.

Masing-masing desa wisata memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Festival desa wisata ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dan pengembangan desa wisata serta menjadi ajang promosi dan media inovasi bagi pengelola desa wisata untuk semakin meningkatkan kualitas wisata di wilayah masing-masing," katanya.

Muslimatun mengatakan bahwa dengan semakin banyaknya desa wisata yang dikelola dengan baik oleh masyarakat tentunya akan menambah jumlah wisatawan yang berkunjung di Sleman.

Baca juga: Polisi amankan 16 pelaku pungli di objek wisata lereng Merapi

Pada 2018 wisatawan yang berkunjung di Sleman berjumlah 8,5 juta wisatawan dan meningkat pada  2017 yang hanya 7,2 juta wisatawan.

"Saya berharap target 10 juta wisatawan di pada 2019 ini dapat tercapai," katanya.

Dalam Festival Desa Wisata Sleman 2019 ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman juga mengadakan lomba penulisan artikel dan fotografi desa wisata.

Kategori lomba penulisan artikel juara I diraih oleh Wisnu Hermawan, juara II Aan Khosihan, juara III Saepulloh, juara harapan I Sulfiza Ariska, juara harapan II Warsi Mulyani dan juara harapan III Ghulamul Mustofa.

Untuk kategori lomba fotografi desa wisata juara I diraih oleh Giri Wijayanto, juara II Roby Hartono, juara III Donni Kardika, juara harapan I Jenar Budi Santosa, juara harapan II Bagaskara Lazuardi dan harapan III Budi Prasetyo.

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019