Jakarta (ANTARA) - Mitra Co Branding Wonderful Indonesia Hydro Coco menggelar turnamen futsal bertajuk Hydro Coco Cup National Futsal Tournament (HCNFT) 2019 di GOR Sritex Arena, Surakarta, Jawa Tengah, sebagai atraksi yang menyasar milenial Solo.

Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hariyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, menjelaskan bahwa kehadiran event ini memberikan banyak manfaat positif, salah satunya kaum milenial memiliki saluran positif dan peluang karier yang jelas di olahraga futsal.

Aktivitasnya pun ikut memengaruhi perkembangan pariwisata Solo, khususnya wisatawan milenial, sehingga co-branding antara Wonderful Indonesia dan Hydro Coco menjadi sangat positif.

“Kemenparekraf selalu mendukungan event positif seperti ini. Kami gembira sebagai mitra Hydro Coco karena dari event ini akan lahir banyak talenta hebat di bidang futsal,” kata Hariyanto.

Hariyanto lalu menambahkan, konsep co-branding menjadi semangat Indonesia incorporated.

Pada saat ini Wonderful Indonesia telah menjalin kerja sama dengan 131 merek dari berbagai kategori produk.

Melalui konsep co-branding, kedua belah pihak akan mendapatkan banyak keuntungan. Dari konsep kerja sama ini, ada efisiensi anggaran, co-creation, dan meningkatkan exposure.

Baca juga: Kalbe dukung pariwisata olahraga melalui turnamen futsal

Menurut dia, ada banyak keuntungan dari konsep co-branding. Pada prinsipnya, Kemenparekraf terbuka dengan produk mana pun.

"Sejauh ini peminat co-branding juga besar. Meski demikian, proses kurasi akan ketat diberlakukan untuk mendapatkan kerja sama yang berkualitas. Tujuannya agar value juga dirasakan lebih luas, khususnya oleh masyarakat,” katanya.

Ia menyambut gembira penyelenggaraan Grand Final HCNFT 2019 pada hari Sabtu (16/11). Solo akan mendapatkan banyak manfaat, khususnya dari sisi pariwisata.

“Pasti ada keuntungan ekonomi, terlebih dari besarnya branding yang diterima Solo. Apalagi, ini event milenial yang sangat lekat dengan media sosial dan aktivitas dunia maya lainnya,” katanya.

Grand final HCNFT 2019 diikuti oleh sembilan tim SMA yang lolos dari seleksi Gold Qualification.

Mereka adalah SMAN Kebakkramat Solo, SMAN 1 Ungaran, SMAN 12 Surabaya, SMAN 16 Bandung, SMAN 3 Cibinong, SMAN 3 Batam, SMANKO Bengkulu, SMKN 5 Makassar, dan SMAN 2 Banjarmasin.

Baca juga: HIPMI Jaya gelar turnamen futsal

Head of Kalbe Beverages PT Kalbe Farma Ronald Unadi mengatakan bahwa HCNFT 2019 menjadi ajang unjuk skill para milenial Indonesia dalam bermain futsal. Mengarahkan para milenial beraktivitas positif dan menginspirasi publik.

"Kehadirannya di Solo bagus bagi pariwisata sebab event akan menarik banyak wisatawan. Selain tim dan official-nya, keramaian akan muncul dari suporter,” kata Ronald Unadi.

HCNFT 2019 menyediakan hadiah total Rp320 juta. Ada juga Trophy Emas Hydro Coco Cup bergilir plus sertifikat, kemudian sang juara akan mewakili Indonesia di Turnamen Futsal Internasional U-18 di Bangkok, Thailand, 3 hingga 5 Desember 2019.

HCNFT 2019 diikuti oleh 1.152 tim SLTA dari 31 kota di Indonesia. Event ini telah menarik 230.000 wisatawan. Selama fase kualifikasi, event terbagi dalam dua kategori, yakni Gold Qualification dan Silver Qualification.

Untuk Silver Qualification diselenggarakan di 22 kota, yakni Balikpapan, Banyuwangi, Bekasi, Bogor, Cirebon, Denpasar, Jember, dan Kediri.

Pada Gold Qualification digelar di sembilan kota, yaitu di Batam, Medan, Semarang, Bandung, Makassar, Solo, Surabaya, Banjarmasin, dan Jakarta.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019