Bandara Internasional Juanda maksimalkan koordinasi pengamanan

Bandara Internasional Juanda maksimalkan koordinasi pengamanan

Kegiatan Table Top Airport Security Excersice dan Airport Security Committee (ASC) Meeting yang ke- IV Tahun 2019 di Bandara Internasional Juanda Surabaya. (HO/Bandara Juanda)

Sidoarjo (ANTARA) - Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, terus memaksimalkan koordinasi pengamanan di lingkungan bandara setempat melalui kegiatan Airport Security Committee (ASC) Meeting sebagai implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 Tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan.

General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya Heru Prasetyo di Sidoarjo, Selasa, mengatakan selama empat kali dalam setahun pihaknya melakukan kegiatan itu sebagai upaya untuk memaksimalkan pengamanan di dalam lingkungan bandara.

Baca juga: Puspenerbal simulasikan pengamanan objek vital Bandara Juanda

"Ini merupakan kegiatan yang diadakan sekurang-kurangnya empat kali dalam setahun. Sedangkan untuk kegiatan Table Top Airport Security Excersice dilakukan satu kali dalam setahun," katanya pada kegiatan Table Top Airport Security Excersice dan Airport Security Committee (ASC) Meeting yang ke- IV Tahun 2019 di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Ia menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih fungsi sistem komando, kendali, koordinasi, dan komunikasi mulai awal kejadian sampai dengan pergerakan personel dan fasilitas.

"Hal itu perlu dilakukan supaya dapat berjalan dengan efektif apabila terdapat ancaman terhadap keamanan dan keselamatan di bandar udara," katanya.

Baca juga: AirNav pasang peralatan canggih di Bandara Juanda

Menurut dia, hasil kegiatan ini juga mampu meningkatkan sistem keamanan dan keselamatan di Bandar Udara Internasional Juanda.

"Tentunya dengan adanya kegiatan ini kami bisa bersama-sama mewujudkan layanan berskala global dalam standar keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang memenuhi aspek 3S+1C, yaitu safety, security, service, dan compliance," katanya.

Baca juga: Sebelum Lebaran 2020, perluasan Bandara Juanda ditargetkan selesai

Ia mengatakan, pihaknya juga terus berusaha mempertahankan tingkat keamanan bandar udara dan angkutan udara yang memberikan pelayanan penerbangan di Indonesia.

"Pada kegiatan itu, kami mengundang Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III dan para anggota Airport Security Committee Bandar Udara Internasional Juanda," ucapnya.

Baca juga: Airnav: 400 pesawat mendarat dan terbang di Bandara Juanda tiap hari

Menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Bandara Internasional Juanda Surabaya menjamin jika penumpang yang menggunakan jasa angkutan umum melalui bandara setempat tidak akan terganggu dengan proses pelebaran Terminal 1.

"Kami menjamin dan berusaha supaya para penumpang itu tidak terganggu dengan adanya pembangunan perluasan Terminal 1 Bandara Internasional Juanda Surabaya," katanya.
Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019