Hal ini kami lakukan sehingga pemandu wisata tidak sekedar mengantar tamu asing saja, tapi akan lebih profesional dan berkelas internasional
Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (pemkot) Bitung terus meningkatkan kualitas pemandu wisata di kota tersebut agar menjadi lebih profesional dan berkelas internasional.

"Hal ini kami lakukan sehingga pemandu wisata tidak sekedar mengantar tamu asing saja, tapi akan lebih profesional dan berkelas internasional," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung, Audy Pangemanan di Manado, Jumat.

Sekda mengatakan, pemandu wisata sebagai agen sentral dalam kegiatan pariwisata, dapat ikut mewujudkan tujuan pembangunan pariwisata berkelanjutan di suatu destinasi.

“Dengan cara memenuhi kelima tanggung jawabnya dalam kegiatan pemanduan pelaksanaan dari kelima peran dan tanggung jawab tersebut dimaksudkan untuk memberikan manfaat positif bagi kelima aspek pembangunan pariwisata berkelanjutan, yaitu aspek spiritual, aspek lingkungan, aspek ekonomi, aspek budaya dan aspek sosial,” jelas Audy.

Dikatakannya, tujuan pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berkaitan dengan kelima aspek tersebut, dapat mewujudkan apabila pemandu wiasata mampu, memberikam pengalaman yang positif kepada wisatawan, manjaga kelestarian dan mempertahankan keberadaan sumber daya destinasi, mempromosikan produk dan jasa lokal, melestarikan kebudayaan lokal dan mewujudkan kesetaraan sosial.

Sekda mengatakan besar harapan kepada para pemandu wisata yang mengikuti pelatihan agar benar-benar fokus dalam menerima setiap materi sehingga mampu meningkatkan etika profesi menuju pembentukan pemandu wisata yang profesional.

Baca juga: Pemandu wisata Batam dibekali pengetahuan Budaya Melayu

Baca juga: HPI Manggarai Barat latih kompetensi 120 pemandu wisata

 

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019