Jakarta (ANTARA) - Pembawa acara Steve Harvey seakan membuat pemirsa ajang kecantikan Miss Universe 2019 merasakan dejavu pada gelaran serupa tahun 2015.

Pria yang menjadi pembawa acara dalam gelaran itu pada lima tahun terakhir, tidak sengaja mengumumkan pemenang yang salah pada kategori Kostum Nasional.

"Awal minggu ini, semua kontestan berkompetisi dalam kontes Kostum Nasional. Ini lihat pemenangnya, Nona Filipina ..." kata dia seperti dilansir laman Eonline, Minggu (8/12).

Tetapi pemenang yang sebenarnya meminta mikrofon agar dia dapat memperbaikinya. "Bukan Filipina. Malaysia," ujar Shweta Sekhon kontestan dari Malaysia kepada Harvey.

Harvey kemudian mengatakan tidak sepenuhnya bersalah, kendati mengumumkan pemenang yang keliru. Ia mengaku hanya membaca naskah pemenang dari teleprompter di depannya.

"Yah ... biarkan aku menjelaskan sesuatu kepadamu. Aku baru saja membacanya di teleprompter. Kalian semua berhenti melakukan ini padaku. Aku mampu membaca ini. Mereka berusaha memperbaikinya sekarang. Ini yang mereka lakukan padaku pada tahun 2015," kata dia.

Baca juga: Detik-detik sebelum kemenangan Zozibini Tunzi di Miss Universe 2019

Baca juga: Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan jadi Miss Universe 2019


 
"Malaysia. Aku sangat suka Kostum Nasional Malaysia," sambung Harvey.

Di lain sisi, wakil dari Malaysia sempat berbagi makna di balik kostumnya.

"Wilayah di Malaysia, Melaka, lokasi peninggalan bersejarah di negaraku. Jadi yang kalian lihat di sini adalah lima meja berisi makanan," kata dia.

"Dan yang aku kenakan adalah pakaian pengantin wanita dari pernikahan campuran. Dan ini adalah ekor ikan mas ..." sambung Sekhon.

Harvey menjawab, "Apa pun yang Anda katakan. Aku takut menyebutkan nama Anda. Terima kasih, Malaysia. Pakaian yang bagus, Anda harus memakainya lagi."

Pada tahun 2015, Harvey menyebutkan wakil dari Kolombia Ariadna Gutiérrez sebagai Miss Universe. Namun beberapa saat kemudian, ia mengambil mikrofon dan meminta maaf atas kesalahan tersebut.

"Baiklah, teman-teman, aku arus minta maaf. Pemenang kedua adalah Kolombia," jelas dia kala itu.

Harvey segera mengklarifikasi wakil dari Filipina Pia Alonzo Wurtzbach sebagai Miss Universe 2015 yang asli.

Baca juga: Lima besar Miss Universe 2019, Frederika Cull terhenti di 10 besar

Baca juga: Frederika Cull sempat terpeleset di Miss Universe 2019

Baca juga: Berkenalan dengan Miss Universe Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019