Jelang Natal, TNI dan Polri di Medan tinjau gereja

Jelang Natal, TNI dan Polri di Medan tinjau gereja

Personel gabungan Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS melakukan peninjauan terhadap beberapa gereja yang ada di Kota Medan, Rabu. (ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Medan (ANTARA) - Menjelang hari raya Natal, personel gabungan Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS melakukan peninjauan terhadap beberapa gereja yang ada di Kota Medan, Rabu.
 
Dalam peninjauan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto dan Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy J Sinaga.
 
Mereka mengunjungi sejumlah gereja di Kota Medan seperti GPdI Maranatha di Jalan S Parman, Gereja GPIB di Jalan Diponegoro, gereja HKBP Jalan Sudirman dan Gereja Katedral di Jalan Pemuda Medan.
 
"Kita turun langsung memantau untuk melihat hal-hal apa saja yang perlu diantisipasi terutama di gereja-gereja," kata Dadang.
 
Dadang menjelaskan dalam setiap kunjungan tersebut, mereka langsung berkoordinasi dengan para pemuka gereja setempat. Pihak kepolisian berharap para pimpinan gereja tersebut tetap menjalin komunikasi dengan aparat keamanan.
 
"Dengan demikian segala bentuk potensi gangguan dapat ditanggulangi," ujarnya.
 
Baca juga: Bupati Puncak: Jangan ada kekerasan di Papua selama Desember

Secara khusus Dadang meminta agar pimpinan gereja juga menerapkan sistem pengamanan internal. Pengamanan internal tersebut yakni dengan memperhatikan para jemaat yang hadir dan juga melakukan pemeriksaan barang-barang bawaan mereka.
 
"Kita minta mereka juga memperhatikan siapa-siapa saja yang hadir dan melakukan pemeriksaan," ucapnya.
 
Sementara itu, Dandim 0201/BS Koloner Inf Roy Jansen Sinaga mengatakan bahwa dalam pengamanan jelang perayaan Natal ini bersifat koordinatif.
 
"Kita sifatnya koordinatif. Kita turun ketika dibutuhkan, dan kita juga dalam posisi siap," ujarnya.

Baca juga: Polda Jateng siapkan pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Kabid Humas Polda Banten: Jangan jadikan akhir tahun pesta Narkoba
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 1970