Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono mengatakan pihaknya akan menempatkan sejumlah personel di Simpang Empat Karanglo, Malang, Jawa Timur untuk mengurai kepadatan arus kendaraan pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono mengatakan pihaknya akan menempatkan sejumlah personel di Simpang Empat Karanglo, Malang, Jawa Timur untuk mengurai kepadatan arus kendaraan pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Ada penguatan akan kami tambahkan. Selain di titik ini, ada titik lain juga yang perlu di-cover," kata Irjen Istiono melalui siaran pers, Rabu.
Baca juga: Kepala Korlantas Polri apresiasi inovasi TACS di Tulungagung

Pasalnya arus kendaraan dari arah Batu menuju Surabaya kerap menimbulkan kemacetan.

"Dari Surabaya menuju Batu yang lewat persimpangan ini, ada titik konflik (macet) yang harus dikelola dengan baik," katanya pula.

Rekayasa lalu lintas pun akan dilakukan untuk meminimalkan antrean panjang kendaraan.

Istiono menyebut adanya Underpass Karanglo sangat bermanfaat, karena telah memperlancar arus kendaraan dari Surabaya ke Malang, maupun arah sebaliknya.

"Ada underpass, baik dari Surabaya maupun dari Malang. Ini sangat membantu. Kemacetan terurai karena ada underpass," katanya lagi.

Selain itu, adanya Tol Malang-Surabaya telah mengurangi terjadi kecelakaan lalu lintas secara signifikan.
Baca juga: Korlantas Polri siapkan strategi penanganan arus mudik tahun baru

Kakorlantas Polri Irjen Istiono beserta rombongan mengecek jalur Tol Trans Jawa pada Senin (9/12) hingga Rabu (11/12) untuk melihat kesiapan pengamanan di Trans Jawa dan Jalur Pantura jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hasil pengecekan, Istiono menyebut Polda Jawa Barat dan polres-polres sudah mempersiapkan dengan baik terkait rencana rekayasa lalu lintas, pengerahan personel lalu lintas.

Selain itu, kondisi jalan di jalur arteri dan jalur menuju tempat-tempat wisata di Jawa Barat, sudah baik.

Polri nantinya akan merekayasa jalur menuju lokasi wisata dan pasar tradisional di Jawa Timur.

"Sudah diatur dan rekayasanya seperti apa. (Seperti di Batu, Red), Polres Malang akan melakukan rekayasa lalu lintas dan sistem buka tutup," katanya pula.
Baca juga: Korlantas siagakan 160 ribu anggota amankan lalin Natal dan Tahun Baru

Saat ini Korlantas Polri juga terus mengintensifkan koordinasi dengan pemangku kepentingan, di antaranya Jasa Marga, Jasa Raharja, Kementerian Perhubungan agar pelaksanaan mudik Natal dan Tahun Baru berjalan lancar dan optimal.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019