Hari ini kunjungan kerja biasa. Fokusnya kami (membahas kesiapan) menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru, (membahas) jaminan keamanan dan ketenteraman masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Menko Polhukam Mahfud MD beserta rombongan menyambangi Mabes Polri, Jakarta, Kamis, untuk menemui Kapolri Jenderal Pol Idham Azis.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas soal kesiapan pengamanan dalam Operasi Lilin 2019 jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Hari ini kunjungan kerja biasa. Fokusnya kami (membahas kesiapan) menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru, (membahas) jaminan keamanan dan ketenteraman masyarakat," tutur Mahfud MD.

Baca juga: Mahfud : Polri siap amankan Natal dan Tahun Baru

Lebih rinci Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahwa pertemuan tersebut juga membahas tentang rencana kenaikan tipe beberapa polda dan pembentukan Badan Humas Polri.

Argo menyebut, terkait kesiapan pengamanan dan sarana prasarana dalam Operasi Lilin, saat ini antarinstansi/lembaga terkait terus meningkatkan koordinasi.

Dari Polri, dalam hal ini Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono telah meninjau Tol Trans Jawa dan Jalur Pantura.

Baca juga: Maskapai diminta tidak naikkan tarif selama libur Natal-Tahun Baru

Dari hasil peninjauan jalur mudik, disimpulkan bahwa Polda Jawa Barat dan polres-polres sudah mempersiapkan dengan baik terkait rencana rekayasa lalu lintas dan pengerahan personel lalu lintas.

Selain itu, kondisi jalan di jalur arteri dan jalur menuju tempat-tempat wisata di Jawa Barat, sudah baik.

Rencananya sistem satu arah akan diberlakukan secara situasional di Tol Trans Jawa bila jumlah kendaraan pemudik yang menggunakan Tol Trans Jawa, membeludak.

Polri nantinya juga akan merekayasa jalur menuju sejumlah lokasi wisata dan pasar tradisional di Jawa Timur.

"Kakorlantas sudah cek (Tol Trans Jawa). Rencananya nanti akan cek Jalur Lintas Sumatera," ujar Argo.

Baca juga: PT KAI prediksi ada kenaikan 4 persen libur Natal dan tahun baru

Baca juga: Kemenhub: 1.300 kapal disiapkan hadapi libur Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019