Jakarta (ANTARA/Jacx) - Sebuah pesan tentang ucapan Natal sontak menjadi pembicaraan publik melalui aplikasi WhatsApp menyusul pencatutan nama pendakwah Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Pesan berantai itu mengesankan Aa Gym mempersilakan umat Islam untuk mengucapkan selamat Natal kepada umat Nasrani.

'SILAHKAN YANG MAU UCAPKAN SELAMAT NATAL (Oleh: Ust Aa Gym)'.

Bertahun-tahun biasanya kujawab secara offline tentang 25 Desember dan 1 Januari. Karena menghargai beberapa relasiku yang berprofesi sebagai misionaris. Mereka tahu dakwahku tapi kami saling menghargai. Mohon maaf setulusnya, bila tulisan ini akan tidak disukai sebagian dari sahabat-sahabat muslim, tapi sudah saatnya harus dijelaskan terbuka secara ilmu ke-TAUHID-an. Membaca berita seorang muslim modern menantang *Ustadz Aa Gym* (Official) untuk menunjukan dalil pelarangan mengucapkan."


Namun, apakah benar pesan tersebut dibuat oleh Aa Gym?

Penjelasan:

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu telah membuat klarifikasi mengenai pesan berantai tersebut melalui akun media sosialnya, baik di Twitter, Instagram, dan Facebook, pada Minggu (22/12/2019).

Dia mengatakan pesan yang tersebar tersebut bukannlah hasil dari tulisannya. Berikut klarifikasinya: 

"Innaalillahi wainnaa ilaihi roji’uun .. Begitu banyak yang meminta klarifikasi atas tulisan diatas yang sedang beredar luas di medsos.

Perlu disampaikan bahwa tulisan itu bukan tulisan Aa,

Sayang sekali penulisnya berbohong atas nama orang lain, sebuah perbuatan yang tak dapat dibenarkan apapun niatnya.. Semoga penulis bisa menyadari kesalahannya dan tobat,

Juga semoga para pembaca bisa bijaksana menyikapi hal ini.

Semoga tak terulang lagi kejadian seperti ini bagi siapapun.. aamiiiin

Terimakasih sahabatku yang baik hati, Silakan disebar kepada yang memerlukan klarifikasi ini.

Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh.

Abdullah Gymnastiar"

 
Tangkapan layar unggahan akun Instagram Aa Gym untuk mengklarifikasi pesan berantai di Whatsapp dan media sosial tentang ucapan selamat Natal yang mencatut namanya. (Instagram @aagym)


Hingga Senin (23/12/2019), klarifikasi itu telah disukai 1.300 akun di Twitter, mendapat 148 komentar dan diunggah ulang hingga 794 kali.

Sementara di Instagram, unggahan Aa Gym itu telah disukai 48.712 akun dan mendapat 1.337 komentar. Lalu di Facebook, unggahan itu disukai 14 ribu akun, mendapat komentar sebanyak 1,2 ribu, dan 5,5 ribu kali dibagikan.

Klaim: Pesan berantai tentang ucapan Natal oleh Aa Gym.

Rating: Salah/Hoaks

Baca Juga: Soal ucapan Natal PBNU kedepankan toleransi

Baca Juga: Ma'ruf Amin berkomentar soal ucapan selamat Natal

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019