Yang jadi kendala itu akses dari rumah karyawan ke lokasi kawasan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menyampaikan bahwa kawasan industri yang menjadi anggota HKI aman dari dampak banjir yang melanda Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sejak awal 2020.

“Sejauh ini tidak ada anggota HKI yang melaporkan adanya dampak dari banjir terhadap kawasan industri yang dikembangkan,” kata Sanny dihubungi di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kawasan industri yang betul-betul dikembangkan dan dikelola secara baik sesuai dengan pedoman dan standar teknis kawasan sudah mengantisipasi berbagai peristiwa, termasuk banjir, sejak awal pembangunannya.

“Iya, karena sistem drainase nya sudah diperhitungkan untuk banjir tahunan, pengelolaannya juga sudah berjalan baik ya mulai dari pembangunan,” ujarnya.

Dengan demikian, aktivitas manufaktur di dalam kawasan industri relatif tidak terganggu selama banjir melanda Jabodetabek.

Namun, tambahnya, satu-satunya hal yang mengganggu adalah akses dari rumah karyawan menuju kawasan industri yang dilanda banjir.

“Yang jadi kendala itu akses dari rumah karyawan ke lokasi kawasan. Tapi kami harapkan Senin sudah kembali normal,” katanya.


Baca juga: BPS nilai banjir jangka pendek tidak memberikan dampak besar
Baca juga: Penerbangan Juanda-Halim kena dampak banjir Jakarta
Baca juga: Pengusaha minta Pemprov DKI sigap atasi dampak banjir


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020