Jakarta (ANTARA) - Federal Oil menghadirkan program "Solusi Motor Setelah Banjir" guna meringankan beban pemilik yang kendaraannya rusak usai terkena banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal 2020.

"Melalui program Solusi Motor Setelah Banjir ini, semoga bisa mempermudah para pemotor untuk segera mengganti oli motornya, sehingga sepeda motornya bisa kembali digunakan dengan baik untuk beraktivitas," ungkap General Manager Federal Oil Sri Adinegara dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Program yang dimulai pada 8-12 Januari 2020 itu menawarkan harga Rp10 ribu untuk paket ganti oli di tujuh Super Federal Oil Center (SFOC) pada area terdampak banjir Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Cara tangani motor matik tanpa "kick starter" usai terendam air

Baca juga: Motor terendam air, perlukah servis besar?


SFOC yang melayani program itu terdapat di Adi Motor Palmerah Barat, Angkasa Motor Grogol Petamburan, New Rejeki Motor Karang Tengah, dan Harapan Jaya Motor Graha Raya Bintaro Raya.

Sedangkan wilayah Bekasi dan sekitarnya, SFOC bisa ditemui di Donna Motor Kalibaru Timur dan Serba Motor Pondok Melati.

Ia menjelaskan bahwa motor terendam air hingga masuk ke dalam ruang mesin berpotensi menimbulkan kerusakan parah. Untuk mengetahui apakah oli tercampur air atau tidak, pemilik kendaran cukup melihat warna oli.

Jika oli berwarna putih, dipastikan oli sudah tercampur air. Jika oli sudah bercampur dengan air, jalan satu-satunya adalah harus mengganti oli mesin.

"Bila hal ini terus dipaksakan untuk tetap digunakan, akan mengakibatkan kerusakan mesin motor. Kandungan air yang tercampur dengan oli bisa membuat korosi pada komponen yang ada di dalam mesin, sehingga mesin motor akan cepat rusak," kata Adinegara.

Baca juga: Perhatikan hal ini jika sepeda motor terpaksa menerjang banjir

Baca juga: Banjir di Bogor rusak 30 motor siswa
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020