Sepekan, hari pertama masuk sekolah hingga penanganan pascabanjir

Sepekan, hari pertama masuk sekolah hingga penanganan pascabanjir

Sejumlah mebel sekolah dikumpulkan di depan perkarang SMAN 8 Bukit Duri, Jakarta Selatan, untuk dibersihkan dari sisa banjir, Senin (6/1/2020). ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti hari pertama masuk sekolah setelah libur semester dan pascabanjir, upaya Pemprov DKI Jakarta mencegah banjir susulan.

Kemudian, soal peraturan penggunaan kantong plastik ramah lingkungan yang akan efektif Juli 2020.

Berikut rangkuman berita yang banyak menarik perhatian masyarakat di pekan kedua tahun 2020.

1. Disdik DKI pastikan seluruh sekolah siap terima siswa pascabanjir

Dinas Pendidikan DKI Jakarta memastikan seluruh sekolah di Provinsi DKI Jakarta siap menerima siswa- siswi untuk kegiatan belajar mengajar meski banjir sempat merendam beberapa sekolah pada awal tahun.

"Saat ini terdapat 211 sekolah terdampak banjir yang kami terus lakukan penanganan. Alhamdulilah kami pastikan seluruh sekolah terdampak banjir senin 6 Januari ini siap terima siswa usai liburan," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefullah di SMPN 207 Jakarta, Senin.

2. Aturan kantong ramah lingkungan efektif mulai Juli 2020

Peraturan Gubernur tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan di pusat- pusat perbelanjaan baik yang dikelola swasta maupun pemerintah mulai efektif berlaku pada Juli 2020 atau enam bulan setelah sah diundangkan oleh Biro Hukum Provinsi DKI Jakarta.

"Kalau baca Pergub-nya itu, enam bulan sejak diundangkan, diundangkanya kan 31 Desember 2019, enam bulan itu waktunya sosialisasi, per 1 Juli 2020 efektif berlaku," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih saat dihubungi, Selasa.

3. Anies akan gunakan toa untuk sampaikan peringatan dini banjir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menggunakan pengeras suara (toa) sebagai salah satu sarana untuk menyebarkan informasi pada sistem peringatan dini banjir.

"Ya kami sejak kemarin review SOP yang selama ini ada termasuk menerapkan sistem berkeliling menggunakan pengeras suara sebagai peringatan dini banjir," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu.

4. Anies lantik 18 pejabat tinggi pratama Pemprov DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik dan mengukuhkan 18 pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada Rabu.

Anies meminta semua pejabat yang terpilih dan dikukuhkan untuk memimpin kedinasan dan badan di lingkungan Pemprov DKI Jakarta bisa selaras melaksanakan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

5. Ikan koi ditemukan saat bersih-bersih sampah sisa banjir

Seekor ikan koi ditemukan oleh petugas Unit Pengelola Kebersihan Badan Air Jakarta Barat saat bersih-bersih sampah sisa banjir di aliran Kali Sodetan Sekretaris Pasar Pesing, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis.

Ikan koi berwarna putih dengan kombinasi merah ini ditemukan oleh Maryadi (42) saat hendak mengangkut sampah di aliran kali tersebut.

6. Banjir Jakarta hasilkan sampah hampir 50 ribu ton

Banjir di Jakarta pada Tahun Baru 2020, menghasilkan sedikitnya hampir 50 ribu ton sampah di seluruh wilayah Ibu Kota.

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan, Jumat, mengatakan sampah-sampah tersebut diangkut dari sekitar 380 RW yang terdampak banjir di Jakarta dan dari aliran sungai yang meluap.

"Ada 49.878,96 ton sampah banjir. Itu jumlah total semua yang diambil dari 380 RW terdampak dan aliran sungai se-Jakarta," kata Yogi pada Antara saat dihubungi di Jakarta.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020