Surabaya (ANTARA) - DPD Partai Gerinda Jawa Timur memastikan akan mengeluarkan surat rekomendasi bakal calon wali kota Surabaya untuk mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (purn) Machfud Arifin dalam waktu dekat ini.

"Sejak awal kita yang memilih dan menyuarakan itu pada teman-teman koalisi. Bahkan Gerindra yang pro aktif dan intensif komunikasi sejak awal untuk meminta bapak Machfud bersedia menjadi calon Wali Kota Surabaya," kata Ketua DPD Gerinda Jatim Soepriyatno di Surabaya, Selasa.

Soepriyatno mengatakan surat rekomendasi untuk Machfud Arifin saat ini sedang dalam proses di DPP Gerindra. "Hanya soal teknis dan tidak akan ada perubahan," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, dalam waktu dekat ini, Partai Gerindra bersama partai koalisi lainnya akan merilis Machfud Arifin sebagai bakal cawali Surabaya yang siap didaftarkan ke KPU Surabaya.

Ia menjelaskan Machfud Arifin merupakan sosok yang tepat untuk Pemimpin Surabaya karena mantan Kapolda Jatim ini memiliki visi yang kuat dalam melakukan perubahan yang lebih baik untuk Surabaya.

"Surabaya ini mau jadi besar apa biasa-biasa saja? Surabaya itu harus menjadi kota besar kedua di Indonesia. Saat ini Surabaya masih menjadi kota besar yang kedelapan. Makanya Pemimpin yang mempunya visi yang kuat seperti Pak Machfud yang sangat dibutuhkan oleh Surabaya," katanya.

Soepriyatno menegaskan selain menjadi pusat perdagangan di Jawa Timur, Surabaya merupakan kota yang memiliki banyak potensi yang harus dikembangkan di antaranya Surabaya mempunyai identitas yang sangat kuat, seperti Kota Pahlawan, Kota Religi dan Kota Parawisata.

Namun, lanjut dia, pembangunan Kota Surabaya ini tidak hanya sekedar pembangunan fisik, pembangun SDM juga sangat diperlukan. "Maka dari itu, kita butuh pemimpin yang berani melakukan lampatan-lompatan untuk menjadikan Surabaya ini lebih baik dan Kriteria itu ada di diri bapak Machfud," katanya.

Ia optimistis Machfud bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Surabaya dan bisa menjadikan Surabaya sebagai kota yang bersih, sehat dan sejuk, serta mampu menyelesaikan masalah keamaan ketertiban, kesejahteraan dan keadilan sosial.

Soepriyatno menambahkan menjadi pemimpin di Kota Surabaya harus mempunyai pemikiran, ide dan visi jauh kedepan.

"Surabaya ini selain banyak potensi juga banyak tantangan yang harus dijawab dan permasalahan yang harus segera diselesaikan, dan Partai Gerindra sangat yakin Bapak Machfud mampu memimpin surabaya menjadi semakin maju," katanya.

Baca juga: NPHD baru untuk Pilkada Surabaya 2020 ditandatangani

Baca juga: Ketua DPRD berharap Pilkada Surabaya 2020 berjalan kondusif

Baca juga: KPU Surabaya terapkan sistem gugur tahapan seleksi badan ad hoc

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020