Padang, (ANTARA) - Sehari setelah banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, PT Semen Padang mengirim relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi bencana Sijunjung.

Relawan yang dikirim ke lokasi bencana tersebut dilepas langsung oleh Direktur Utama Yosviandri bersama Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoveri di Padang, Rabu.

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri mengatakan pengiriman TRC ke lokasi bencana di Sijunjung sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah banjir dan longsor yang melanda Sijunjung.

"Apalagi, Semen Padang punya TRC yang dilengkapi dengan SDM dan peralatan yang cukup andal," kata dia.

Ia menyampaikan pengiriman tim TRC ke Sijunjung merupakan bentuk kepedulian dan rasa persaudaraan terhadap warga yang terdampak banjir.

Baca juga: Wagub Sumbar kunjungi korban banjir bandang di Malalo

Baca juga: Dua rumah warga Agam rusak dihantam luapan Batang Tiku


Selain itu relawan TRC juga memilik kemampuan dan peralatan lengkap serta pengalaman yang memadai untuk membantu penanggulangan bencana, apalagi selama relawan TRC Semen Padang juga telah dibekali berbagai pengetahuan.

"Selama ini kawan-kawan TRC dibekali berbagai pelatihan kebencanaan. Ketika musibah datang, seperti di Sijunjung maka jadi kewajiban kami untuk membantu," katanya.

Ia berharap relawan TRC yang diberangkatkan dapat bekerja maksimal dalam menanggulangi bencana Sijunjung.

Selama di lokasi bencana, tambah Yosviandri, tim advance TRC Semen Padang nantinya selain ikut membantu penanggulangan bencana, juga akan melakukan penilaian awal terhadap kerusakan dan mendata apa yang menjadi kebutuhan korban bencana.

"Selanjutnya akan dievaluasi program bantuan apa yang akan diberikan," ujarnya.

Kepada tim pendahulu TRC Semen Padang, Yosviandri berpesan untuk menjaga keselamatan selama berada di lokasi bencana Sijunjung, termasuk menjaga nama baik perusahaan.

"Relawan TRC membawa nama baik Semen Padang. Untuk itu, jaga nama baik perusahaan selama di lokasi bencana," katanya.

Koordinator TRC Semen Padang untuk bencana banjir dan longsor di Sijunjung, Sapar mengatakan sesampai di Sijunjung, akan berkoordinasi dengan BPBD Sijunjung terkait kerusakan akibat banjir dan longsor.

"Kami akan berkoordinasi dengan BPBD setempat, karena daerah yang terdampak cukup luas. Jadi, kami akan mengikuti arahan dari pihak BPBD," katanya.*

Baca juga: Cerita warga korban banjir bandang bertahan di warung saat hujan deras

Baca juga: Bersihkan material banjir Tanah Datar, BPBD kerahkan alat berat

Baca juga: Hipmi Peduli Sumbar salurkan bantuan korban banjir di Solok Selatan

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020