Vihara Dharma Ramsi Bandung nyalakan ratusan lilin jelang Imlek

Vihara Dharma Ramsi Bandung nyalakan ratusan lilin jelang Imlek

Ratusan lilin disiapkan di Vihara Dharma Ramsi, Kota Bandung, Jumat (24/1/2020). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2571, Vihara Dharma Ramsi yang berada di Cibadak, Kota Bandung akan menyalakan ratusan lilin besar.

Relawan Vihara Dharma Ramsi, Asikin (70) mengatakan pihak pengelola vihara akan menyalakan ratusan lilin tersebut pada jam 12.00 WIB malam seiring pergantian tahun memasuki tahun yang baru.

"Lilinnya nanti jam 12 malam dinyalakan hingga besok malamnya lagi. Jadi vihara ini tidak ditutup, perayaannya jalan terus," kata Asikin, Jumat.

Baca juga: Bhineka Tunggal Ika di Vihara Dharma Bhakti

Selain itu pihaknya juga telah melakukan persiapan mulai dari pembersihan altar, pembersihan vihara dan pemandian kimsin. Selain itu pihaknya juga sudah mempersiapkan barongsai untuk menghibur masyarakat.

"Jam 7 malam (Barongsai) sudah siap menghibur masyarakat, nanti kalau ada pejabat dan polisi kita siap menyambut," kata dia.

Sementara itu menurut dia perayaan Imlek dengan menyalakan lilin bisa dinikmati oleh masyarakat lintas agama. Menurut dia pihak vihara tidak membatasi siapapun yang ingin berkunjung.

"Ada yang dari luar kota ya ke sini berkunjung. Kita terbuka, tidak ada membatasi. Siapa saja boleh ke sini," kata Asikin.

Pihaknya juga telah mengantisipasi terjadinya kebakaran akibat lilin yang dinyalakan dengan kordinasi bersama pihak pemadam kebakaran. Hal tersebut, kata dia, dilakukan demi mengantisipasi kebakaran yang terjadi seperti di Vihara Samudra Bhakti pada tahun 2019 lalu.

"Kalau di sini udah disiapkan semua, yang penting kewaspadaan untuk menjaga lilin, jangan ada yang kesenggol. Jadi kemarin itu (kebakaran) semua lilinnya jatuh langsung terbakar," katanya.

Baca juga: Mengenal jajanan Imlek, kue keranjang hingga "tray of happiness"
Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 1970