Jadi ini adalah rangkaian dari #jakartaimlekan, programnya Pemprov DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Pertunjukan tarian tradisional Tiongkok barongsai memeriahkan perayaan malam Tahun Baru Imlek 2571 atau 2020 Masehi yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di Thamrin 10, Jakarta Pusat.

"Jadi ini adalah rangkaian dari #jakartaimlekan, programnya Pemprov DKI Jakarta," kata Ketua Penyelenggara Perayaan Imlek 2020 Thamrin 10 Amron Situmorang, Jakarta, Sabtu.

Tarian barongsai tersebut, berdasarkan pantauan ANTARA, dimainkan oleh dua hingga tiga orang dalam satu kostum berbentuk singa di hadapan ratusan orang yang datang memadati area taman Thamrin sejak sore hari.

Dua singa tampak melenggak-lenggok menaiki panggung sembari melompat-lompat dan mengarahkan mata tajamnya ke hadapan penonton.

Para penonton terlihat fokus menyaksikan pertunjukan dan sesekali terperanjat saat singa barongsai menghampiri mereka.

Anak-anak tampak sesekali berhamburan ke depan arena pertunjukan saat singa barongsai melemparkan puluhan permen untuk para penonton.

Selain tarian barongsai, penyelenggara juga menampilkan demo masak makanan Tiongkok (chinese food), pertunjukan musik dan pertunjukkan naga merah.

Rangkaian acara perayaan berlanjut hingga esok hari dan akan dimeriahkan dengan pawai barongsai pada hari bebas kendaraan (car free day) esok pagi dan wayang potehi pada malam harinya.

Pada perayaan Imlek 2571 di Thamrin 10 malam ini, ia berharap sekitar 2.000 pengunjung akan mendatangi area taman tersebut, dua kali lipat dari jumlah pengunjung yang datang ke taman itu setiap harinya.

"Target kita 2.000 orang. Kalau hari biasa paling sekitar 1.000 orang," demikian Amron Situmorang.

Baca juga: Anies Baswedan: Tahun ini pemprov mulai lakukan Jakarta Imlekan

Baca juga: Barongsai hibur penumpang Stasiun Jakarta Kota

Baca juga: Libur Imlek, layanan SIM Keliling tetap tersedia Sabtu ini

Baca juga: Imlek 2571, pertama kali DKI fasilitasi kegiatan masyarakat Tionghoa


 

Pewarta: Katriana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020