Kerangka itu di temukan diantara pondasi bekas toko yang menjual peralatan bangunan dengan kedalaman penggalian diperkirakan sekitar 60 centimeter lebih,
Palu (ANTARA) - Kerangka manusia korban gempa dan likuefaksi Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dikuburkan di pemakaman masal, Kelurahan Poboya, Senin Malam setelah berhasil dievakuasi oleh tim SAR.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu, Sudaryano R Lamangkona saat melakukan evakuasi di eks likuefaksi Petobo bersama tim-nya mengatakan, kerangka korban bencana itu di ketahui bernama Opin, seorang bocah d perkirakan berusia 8 tahun.

"Menurut pengakuan warga setempat serta hasil indentifikasi lapangan bahwa korban adalah warga Petobo. Sebab pakaian korban sangat dikenali warga sekitar berwarna merah motif kotak-kota," ungkap Sudaryano di Palu, Senin..

Kerangka manusia ditemukan warga Petobo sekitar Senin petang di Jalan Pue Sula yang menghubungkan Kota Palu dan Kabupaten Sigi. Atas temuan warga, tim SAR Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu menuju ke lokasi dan langsung melakukan penggalian menggunakan alat manual.

Proses penggalian cukup memakan waktu karena harus mengumpulkan satu-persatu kerangka korban hingga lengkap. Dalam proses evakuasi, tim SAR Pemadam Kebakaran di bantu Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan warga setempat didampingi Lurah Petobo dan sejumlah tokoh masyarakat.

Baca juga: Di bekas bencana likuefaksi Petobo, Palu ditemukan kerangka manusia

Kerangka itu di temukan diantara pondasi bekas toko yang menjual peralatan bangunan dengan kedalaman penggalian diperkirakan sekitar 60 centimeter lebih. Kerangka selesai di evakuasi sekitar pukul 21.00 WITA.
Tim SAR Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu menggali tanah bersebelahan dengan pondasi bekas toko penjual peralatan bangunan yang di yakini tirik kerangka korban gempa dan likuefaksi Petobo tertimbun, Senin (27/12020) malam. (ANTARA/Moh Ridwan)

"Keluarga korban tidak ada lagi di Petobo, menurut informasi keluarganya sudah pindah di Makassar, Sulawesi Selatan pascagempa, tsunami dan likuefaksi yang melanda kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala setahun lebih yang lalu," tambah Sudaryano.

Baca juga: PMI evakuasi kerangka manusia diduga korban tsunami

Dia meyakini, masih banyak korban yang tertimbun tanah di lokasi eks likuefaksi. Sepanjang masih dibutuhkan, pihaknya mengaku siap memberikan pertolongan membantu proses evakuasi.

"Mengingat kondisi yang tidak memungkinkan serta malam semakin larut, Pemerintah Kelurahan Petobo dan tokoh masyarakat memutuskan kerangka tersebut di kebumikan di pemakaman masal oleh tim SAR Pemadam Kebakaran," ucapnya.

Baca juga: Temuan kerangka manusia di Bandung berjenis kelamin laki-laki

Pewarta: Muhammad Hajiji/Moh Ridwan
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020