Total 93 WNI di Wuhan, China berada di pusat penyebaran wabah dengan waktu isolasi yang masih belum pasti.
Jakarta (ANTARA) - Medical Emercy Rescue Comittee (MER-C) mendorong  evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China harus dilakukan secepatnya untuk lebih mudah mengamati kasus per kasus dan memberikan kepastian isolasi yang lebih jelas.

"Jika melakukan isolasi di sini maka kita bisa mengisolasi dengan waktu yang lebih pasti. Sementara di sana adalah daerah ground zero, artinya masih berputar-putar di situ. Kalau dipindahkan ke daerah yang bukan ground zero paling tidak kita bisa melakukan isolasi dengan jangka waktu yang lebih terukur," kata dr Hadiki Habib, Sp.D dari  Medical Emercy Rescue Comittee (MER-C) dalam konferensi pers yang diadakan di kantor pusat MER-C di Jakarta, Kamis.

Pemerintah sebelumnya mencetuskan rencana mengevakuasi WNI yang berada di Wuhan, kota yang menjadi pusat dari mewabahnya virus corona yang kini terisolasi akibat kebijakan dari pemerintah China untuk menahan laju infeksi virus tersebut.
Baca juga: Presiden Jokowi sebut evakuasi WNI di Wuhan terkendala isolasi kota
Baca juga: MER-C siap bantu pemerintah evakuasi WNI dari Wuhan

2019 novel coronavirus (2019- nCoV) adalah virus yang menimbulkan gejala seperti pneumonia berat dengan pasien akan menderita demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernapas.

Virus ini masih satu famili dengan MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) yang pernah mewabah beberapa tahun lalu.

Total 93 WNI di Wuhan, China, kata dokter yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo itu kini berada di pusat penyebaran wabah dengan waktu isolasi yang masih belum pasti.

Dia merasa lebih baik evakuasi dilakukan secepatnya untuk memberikan kepastian kepada WNI tersebut karena meski jika mereka pulang ke tanah air di waktu ke depan tetap harus menjalani isolasi dalam waktu ditentukan untuk menunggu inkubasi.
Baca juga: Pemerintah matangkan persiapan untuk evakuasi WNI dari Hubei
Baca juga: Wuhan berstatus karantina, evakuasi WNI tidak mudah dilakukan


"Berapa lama kalau di sana? Sebulan lagi? Dua bulan lagi? Apakah jika di sana sudah selesai lalu kembali ke sini langsung dibiarkan membaur ke masyarakat? Kan tetap juga dipisahkan dulu, jadi apa bedanya sekarang dan nanti," kata Hadiki

Hal yang sama juga diungkapkan anggota presidium MER-C dr. Yogi Prabowo, bahwa evakuasi yang dilakukan secepatnya akan mempermudah melihat kasus per kasus.

"Beberapa negara maju mengambil kebijakan untuk menjemput warganya dengan harapan bisa menangani secara lebih baik kalau secara case by case, ketimbang penanganan secara massal," ujar dokter Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih itu.
Baca juga: Komisi I minta pemerintah pastikan evakuasi WNI di Wuhan, China
Baca juga: Indonesia tunggu aba-aba China untuk evakuasi WNI di daerah karantina

Pemerintah kaji langkah evakuasi WNI di Wuhan

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020