Jakarta (ANTARA) - Pinterest punya fitur baru yang memungkinkan para penggunanya untuk mencoba produk tata rias secara virtual, sebelum mereka membelinya dari pengecer.

Untuk menggunakan fitur baru, Pinners (sebutan untuk pengguna Pinterest) pertama-tama perlu membuka kamera pintar Pinterest, "Lens," kemudian saat dalam Penelusuran, klik "Try it" untuk menjelajahi berbagai corak warna lipstik yang tersedia. Untuk berbelanja produk, Anda cukup menggeser ikon belanja.

Baca juga: Pinterest rilis fitur chatting

Cara lain untuk mengakses fitur "Try it" adalah dengan mengetikkan istilah yang berhubungan dengan warna lipstik ke mesin pencari Pinterest - seperti "plum lipstik" atau "lipstik merah", misalnya.

Pihak Pinterest seperti dilaporkan TechCrunch, mengatakan bahwa fitur tersebut tidak akan mengubah foto pengguna menggunakan filter atau teknik sejenis, sehingga pengguna dapat yakin seperti apa warna lipstik itu pada bibir mereka yang sebenarnya.

Selain itu, fitur ini telah diintegrasikan dengan fitur rentang warna kulit Pinterest yang ada, sehingga pengguna dapat berbelanja untuk corak bibir serupa pada warna kulit yang cocok dengan milik mereka.

Baca juga: Mencicipi lipstik beraroma wafer

Topik tata rias dan kecantikan adalah topik yang paling sering ditampilkan pada platform seperti Instagram dan YouTube. Pinterest juga menjadi tujuan utama bagi mereka yang hendak berbelanja untuk barang-barang kecantikan dan perawatan pribadi.

Menurut Pinterest, lebih dari 52 juta orang di wilayah Amerika Serikat mencari dan terlibat dengan konten kecantikan di platform itu setiap bulan.

Selain itu, sebuah studi 2018 dari GfK menemukan bahwa 87 persen pengunjung Pinterest datang secara aktif untuk mempertimbangkan perawatan pribadi dan kosmetik yang hendak dibeli.

Pinners juga secara teratur mengunjungi platform ini untuk mencari gaya pewarna bibir tertentu. Pinterest mencatat bahwa istilah pencarian teratas di Pinterest sepanjang 2019 semua yang terkait dengan bibir.

Oleh sebab itu, perusahaan ini memulai fitur "Try it" dengan mencoba warna lipstik, karena pewarna bibir adalah salah satu item yang paling banyak dicari di platform ini.

Baca juga: Pinterest akan punya fitur pencarian berdasar warna kulit

Baca juga: Pinterest punya 100 juta pengguna

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020