Satuan Brimob Polda Bali ikuti latihan antisipasi corona

Satuan Brimob Polda Bali ikuti latihan antisipasi corona

Antaranews Bali/HO-Polda Bali (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2019)

Denpasar (ANTARA) - Puluhan personel Satuan Brimob Polda Bali khususnya Unit KBR-N (Kimia, Biologi, dan Radioaktif-Nuklir) Detasemen Gegana mengikuti latihan antisipasi penyebaran Virus Corona (2019-nCoV).

"Tujuan pelaksanaan latihan ini sebagai wujud kesiapsiagaan Unit KBRN Satbrimob Polda Bali dan juga mengecek kesiapan personel sekaligus peralatan yang dimiliki jadi jika dibutuhkan Unit KBRN sudah siap untuk melaksanakan tugas," kata Dansat Brimob Polda Bali Kombes Pol Ardiansyah Daulay, dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Rabu.

Baca juga: Wagub Bali lepas 127 penumpang penerbangan terakhir menuju China
Baca juga: Pengamat: Penutupan rute penerbangan ke China tak membuat rugi


Ia mengatakan bahwa virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) merupakan jenis virus baru dari virus corona yang menular ke manusia. Virus yang pertama kali merebak di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019 ini bisa menular dengan cepat hingga ke beberapa negara lain.

Latihan yang dilakukan pada Selasa 4 Februari 2020 di Lapangan Iptu Soetardjo ini mengerahkan puluhan Detasemen Gegana yang memiliki kemampuan khusus dalam menangani bahan berbahaya yang mengandung bahan kimia, biologi dan radioaktif.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan menyiapkan beberapa peralatan diantaranya tenda dekontaminasi korban, tenda dekontaminasi personil, APD personil level C (alat pelindung diri), masker dan filter udara, alkohol untuk menyemprot korban dan personil, sepatu dekontaminasi, sani jet water dan termometer & tensi meter.

Pihaknya menegaskan akan siap jika dibutuhkan personel Polda Bali untuk menangani penyebaran virus corona ini.

"Langkah-langkah antisipasi dilakukan untuk menangani hal-hal yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan penyebaran Virus Corona di Bali karena Bali khususnya, merupakan tujuan dunia pariwisata. Kami juga akan selalu berkoordinasi dengan semua instansi terkait untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan," jelas Ardiansyah Daulay.

Baca juga: Menko Airlangga: Virus corona berpotensi tekan ekonomi RI 0,29 persen
Baca juga: Pemprov Kepri bentuk posko kesehatan di Natuna untuk cegah Corona
Pewarta : Ayu Khania Pranishita
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020