Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan taman wisata alam Manipo di Kecamatan Amarasi Timur, Kabupaten Kupang akan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan untuk dikunjungi wisatawan di NTT.

"Taman wisata alam Manipo sangat indah dan dipenuhi dengan bermacam jenis burung. Alam yang indah akan membuat banyak wisatawan berkunjung ke daerah itu. Manipo akan menjadi destinasi wisata baru untuk NTT," kata Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Rabu.

Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan keindahan alam Manipo mampu menyedot kunjungan wisatawan yang banyak karena panorama alam yang indah.

Menurut politisi partai Nasdem ini, potensi yang indah itu tidak hanya untuk dilestarikan tetapi perlu memberikan dampak positif terhadap pembangunan ekonomi masyarakat sekitar kawasan taman wisata alam Manipo.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan kawasan hutan di NTT dalam pemanfaatannya harus mampu berperan dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dan juga dapat dimanfaatkan dalam pembangunan ekowisata.

"Hutan yang kita miliki di NTT ini punya banyak potensi. Sesuai dengan amanat Presiden, kita bukan hanya diminta untuk menjaga dan melindungi hutan, namun juga bisa mengelola hutan yang ada. Pengelolaan potensi hutan ini harus bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan ekonominya," ungkap Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat.

Ia mengatakan, apabila potensi wiata di Manipo dikelola dengan baik maka akan ada hal-hal yang menjadi bagian dari pariwisata yang mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kupang.
Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat saat melakukan rapat kordinasi pembangunan sektor pariwisata NTT pada 2021 di Kupang, Rabu (4/2/2020). (Antara/ Benny Jahang)
"Keindahan hutannya, satwa yang ada disana serta keunikan budaya yang ada akan mendorong banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Manipu," tegasnya.

Pemerintah NTT menurut dia, segera melakukan kordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan guna membahas pengelolaan bersama potensi wisata di Manipo. ***1***
 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020