Ribuan pohon ditanam di Pulau Kodingareng lewat "Garuda di Lautku"

Ribuan pohon ditanam di Pulau Kodingareng lewat

Panitia Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) "Garuda Di Lautku" melakukan penanaman ribuan bibit pohon di Pulau Kodingareng Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (17/2/2020).

Makassar (ANTARA) - Panitia Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) "Garuda di Lautku" melakukan penanaman ribuan bibit pohon di Pulau Kodingareng Lompo, Makassar, Sulawesi Selatan  demi menyukseskan beberapa ajang yang akan digelar Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI.

"Ada banyak kegiatan yang akan dan telah dilakukan. Seperti sekarang ini, penanaman pohon di Pulau Kodingareng Lompo sebagi bagian dari rangkaian ajang 'Garuda di Lautku'," kata  Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VI Kolonel (Mar) I Dewa Gede Wirawan di Makassar, Senin.

Ia mengatakan penanaman ribuan bibit pohon itu dilakukan di daerah Gusung, sekitar kantor navigasi, pesisir pantai, dekat dengan dermaga serta sekitar Lapangan Takraw di Pulau Kodingareng Lompo.

Penanaman pohon yang dilakukan oleh Lantamal VI ini juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Makassar dengan ikut bergabung dalam penanaman tersebut.

"Kegiatan penanaman ribuan bibit pohon di Pulau Kodingareng Lompo ini dalam rangka Bintahwil Garuda Di Lautku," katanya.

Sementara itu  Kadispotmar Lantamal VI Letkol Laut (KH) Bahtiar menjelaskan bibit pohon yang ditanam adalah bibit pohon jenis sukun, cemara, ketapang dan kelapa hibrida.

Ia menjelaskan penanaman pohon di Pulau Kodingareng Lompo ditujukan untuk mendukung perbaikan lingkungan yang gersang. Bibit pohon yang ditanam itu diharapkan bisa tumbuh dan menyimpan air pada musim kemarau.

Kadispotmar meminta warga Pulau Kodingareng Lompo memelihara bibit pohon yang ditanam agar bisa tumbuh besar dan mendatangkan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Ribuan pohon yang ditanam itu harus bisa dijaga dan dirawat karena nantinya akan berguna untuk anak cucu kita yang bermukim di pulau ini," katanya.

Selain menggelar penanam pohon, Lantamal VI Makassar juga melaksanakan bersih pantai dan pembagian sembako bagi masyarakat yang membutuhkan, demikian Bahtiar.

Baca juga: 2.000 lampion meriahkan Grand launching "Garuda di Lautku"

Baca juga: 1000 pohon mangrove ditanam istri TNI-AL di Makassar

Baca juga: Lantamal VI-Pelabuhan Makassar kolaborasi penanganan persampahan

 
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020