Jakarta (ANTARA) - Kanitlantas Polsek Metro Taman Sari, Jakarta Barat, Kompol Purwanto membantu seorang ibu hamil yang bayinya akan lahir di Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), Kamis (20/2) malam, dengan membawanya ke rumah sakit.

Saat itu Purwanto sedang patroli di Tol JORR arah Pondok Indah tepatnya di depan pintu tol JORR Meruya sekitar pukul 20.15 WIB.

"Keadaan jalanan pas macet dari Jatiwarna sampai Joglo. Kemudian ada penumpang bus menyetop kita yang lagi patroli sambil teriak-teriak 'Pak minta tolong-minta tolong ada yang mau melahirkan'," kata Purwanto di Jakarta, Jumat.

Tanpa berpikir panjang, Purwanto membawa sang ibu yang akan melahirkan ke Rumah Sakit (RS) Petukangan Jakarta Selatan. Ibu hamil itu bernama Eki Dini Monica warga asal Pemalang itu dibawa ke rumah sakit dengan mobil patroli.

Baca juga: Petugas Ditlantas Polda Metro bantu ibu hendak melahirkan

Di dalam mobil, Purwanto memberikan motivasi agar Ibu Eki tetap sabar dan kuat hingga tiba untuk melahirkan di rumah sakit. Setibanya di RS Petukangan, Eki pun melahirkan sekitar dua menit setelah mobil patroli terparkir di halaman RS.

"Ibu itu melahirkan dua menit setelah sampai di RS, langsung melahirkan, kalau terlambat dua menit aja itu sudah melahirkan di mobil," ujar Purwanto.

Proses persalinan Ibu Eki pun berjalan baik dan bayi lahir dengan sehat. Kelahirannya pun disambut oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro.

Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Karo Sekali menyebutkan, aksi heroik Purwanto merupakan bagian dari tugas dan pelayanan polisi kepada masyarakat.
Baca juga: Bidan: Banyak perempuan Galugua melahirkan dalam perjalanan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020