Palembang (ANTARA) - Ratusan peserta meramaikan penyelenggaraan hari kedua ajang Palembang Triathlon 2020 di Palembang, Minggu, yang menjadi pembuka Indonesia Triathlon Series.

Peserta berasal dari sejumlah kota di Indonesia hingga beberapa negara Asia dan Eropa dengan total peserta mencapai 391 orang, di antaranya Australia, Belanda, Inggris, Portugal, Prancis dan Indonesia (264 orang).

Para triathlet kategori Age Group ini memulai start di lintasan renang Danau Jakabaring Sport City, untuk nomor Sprint Distance dengan berenang sejauh 750 m, kemudian dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 20 km melintasi Jembatan Ampera dan lari sejauh 5 km di kawasan Jakabaring.

Baca juga: Palembang Triathlon jadi pembuka Indonesia Triathlon Series 2020

Pada saat di race renang, setidaknya ada 10 atlet yang terpaksa tidak melanjutkan lomba karena mengalami cedera. Namun, persoalan ini segera ditanggulangi oleh petugas SAR.

Antoine Dagorne, salah seorang peserta dari Prancis mengatakan dirinya sangat tertantang saat berenang di danau karena biasanya perlombaan digelar di laut.

“Di danau lebih berat karena tidak ada ombak, jadi harus pakai ekstra tenaga,” kata Antoine.

Ia yang telah mengikuti pelombaan triathlon setidaknya 10 kali dalam lima tahun terakhir mengatakan sangat senang dengan suasana pertandingan di kota Palembang yang melintasi Jembatan Ampera.

“Ya saya senang, nanti tahun depan saya ajak keluarga ke Palembang untuk nonton,” kata dia.

Selain mempertandingkan kategori Sprint Distance, pada hari kedua ini juga dipertandingkan kategori Standard Distance (renang 1.500 m, sepeda 40 km dan lari 10 km).

Kedua nomor lomba ini dilakukan secara individual baik putra maupun putri dan relay.

Pada pertandingan hari kedua ini, Palembang Triathlon mempertandingkan kategori Age Group, yakni kelompok umur: 17-23, 24-29, 30-34, 35-39, 40-44, 45-49, 50-54, 55-59 dan 60 tahun ke atas.

Baca juga: Jauhari Johan kembali juarai Palembang Triathlon 2020

Sebelumnya pada hari pertama, Sabtu (22/2), olahraga yang menggabungkan renang, sepeda dan lari ini menggelar kategori Elite Men dan Elite Woman dan Military (TNI/Polri) dan Youth (14-16 tahun). Perlombaan ini menjadi ajang pembuka Indonesia Triahthlon Series 2020.

Kejuaraan ini juga diramaikan oleh sejumlah atlet nasional, seperti Jauhari Johan dan Nethavani Octaria, peraih medali emas dan perunggu di SEA Games 2019, Inge Prasetyo, Muhamad Ahlul Firman dan juga anggota DPR yang juga pegiat triathlon, Muhammad Farhan.

Selain Palembang, 5 triathlon ITS lainnya yang digelar tahun ini, yakni Jakarta City Triathlon (Juni), Bandung City Triathlon (Agustus), Belitung Triathlon (September), Mandalika Triathlon (Oktober) dan Pariaman Triathlon (November). ITS adalah konsep menantang olahraga gabungan ini dengan salah satunya menggunakan sistem poin (point system) buat para pesertanya.

Baca juga: Indonesia Triathlon Series bakal dorong industri pariwisata olahraga

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020