Kepala daerah diajak Ketua Baznas berperan aktif geliatkan zakat

Kepala daerah diajak Ketua Baznas berperan aktif geliatkan zakat

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo tengah memaparkan materi sosialisasi zakat serta mengajak kepala daerah untuk aktif menggerakkan kegiatan berzakat di daerah, Bandarlampung, Senin (24/2/2020) (FOTO ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengajak kepala daerah ikut serta berperan aktif menggeliatkan zakat di daerah guna menyejahterakan masyarakat.

"Saya menghimbau kepada kepala daerah dan seluruh pimpinan Baznas di daerah ikut berperan, serta memberi contoh aktif berzakat, untuk kesejahteraan masyarakat, " kata Ketua Baznas Bambang Sudibyo, di Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan dana yang dihimpun melalui Baznas akan disalurkan langsung untuk menyejahterakan rakyat melalui berbagai program.

"Dana ini akan digunakan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat, sebab akan membantu meningkatkan kehidupan keseharian masyarakat melalui pelaksanaan program, sepanjang tidak ada penyelewengan dana oleh oknum tidak bertanggung jawab ," katanya.

Menurutnya, potensi zakat nasional sangatlah besar dan daerah dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membantu mengentaskan kemiskinan.

Ia juga menyatakan bahwa Baznas akan menjaga integritas, akuntabilitas,dan transparansi untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

"Potensi zakat nasional sangatlah besar, estimasi potensi zakat dapat mencapai Rp232,9 triliun pada tahun 2018, dan melalui dana ini dapat membantu mengangkat harkat hidup masyarakat, " katanya.

Menurutnya, zakat tidak bisa dipaksakan melainkan tumbuh atas kesadaran diri sehingga perlu dilakukan sosialisasi pentingnya berzakat bagi masyarakat.

"Kegiatan berzakat di daerah penggerak utamanya adalah kepala daerah, sehingga kepala daerah diposisikan sebagai contoh bagi masyarakat, sebab berzakat tidak bisa dipaksakan dan harus dengan kesadaran diri, sehingga sosialisasi mengenai zakat perlu dilakukan kepada masyarakat, " demikian Bambang Sudibyo.

Baca juga:Menko PMK: Zakat kekuatan umat untuk tanggulangi kemiskinan

Baca juga: Baznas perkuat sinergi dengan daerah

Baca juga: Ini dia tantangan Baznas di daerah

Baca juga: Baznas: dana zakat bisa biayai infrastruktur daerah
Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020