Orang tua, wali murid dan pemerintah sebaiknya mulai membudayakan penggunaaan sepeda sebagai alat transportasi menuju sekolah, sekaligus menggeser rasa gengsi.
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengimbau seluruh pelajar SMA di daerah itu untuk menggunakan sepeda menuju sekolah sekaligus menerapkan pola hidup sehat.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri Muhamad Dali di Tanjungpinang, Selasa mengatakan, penggunaan sepeda di jalan raya perlu dikampanyekan secara massif sebagai upaya melahirkan sumber daya manusia yang cerdas dan sehat.

"Kami sudah menyampaikan kepada gubernur untuk mengimbau kepada seluruh SMA atau sederajat menggunakan sepeda ke sekolah," katanya.

Dali mengemukakan jumlah pelajar SMA dan sederajat di Kepri puluhan ribu. Tahun 2019, jumlah pelajar baru mencapai 28 ribu orang.
Baca juga: Pemrov DKI Jakarta gaungkan kegiatan Sekolah Ramah Bersepeda
Baca juga: Kak Seto dambakan siswa bersepeda ria ke sekolah seiring zonasi

Usia pelajar baru SMA rata-rata tidak mencapai 17 tahun. Usia mereka sekitar 15-16 tahun sehingga tidak mungkin memiliki Surat Ijin Mengemudi.

Dengan kondisi itu, kata dia pelajar yang menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil, berisiko.

Orang tua, wali murid dan pemerintah sebaiknya mulai membudayakan penggunaaan sepeda sebagai alat transportasi menuju sekolah, sekaligus menggeser rasa gengsi.

"Ada pelajar yang merasa gengsi bersepeda menuju sekolah, karena pelajar lainnya menggunakan sepeda motor atau mobil. Padahal perasaan itu tidak baik, dan tidak benar, karena sesungguhnya sepeda digunakan seluruh kalangan," katanya.
Baca juga: Di Karawang, Polres larang pelajar bersepeda motor ke sekolah

Di kota-kota besar, sepeda digunakan orang kaya dan para pekerja. Mereka menghindari kemacetan lalu lintas, dan risiko ketika menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Mereka juga jarang berolah raga sehingga merasa lebih tepat menggunakan sepeda menuju kantor.

"Kami membutuhkan dukungan masyarakat, terutama orang tua dan wali murid untuk membudayakan bersepeda," katanya.
Baca juga: SDN 01 Gandaria Selatan jadi percontohan Sekolah Ramah Bersepeda
 

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020