Wakil Bupati Jembrana apresiasi dua program Kota Bandarlampung

Wakil Bupati Jembrana apresiasi dua program Kota Bandarlampung

Wakil Bupati Kabuoaten Jembrana, Bali I Made Kembang Hartawan saat mengunjungi Pemerintah Kota Bandarpampung dan beradiensi dengan Wali Kota Bandarlampung Herman HN, Jumat (28/2/2020). ANTARA/Dian Hadiyatna/am.

Bandarlampung (ANTARA) - Wakil Bupati Jembrana, Bali, I Made Kembang Hartawan, mengapresiasi dua program unggulan Pemerintah Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, yang dianggapnya patut dipraktekkan di daerahnya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita berkunjung ke sini untuk mengetahui dan belajar beberapa program dari Pemerintah Kota Bandarlampung yang kita anggap mampu memberikan dampak besar kepada masyarakat," kata  Kembang Hartawan, di Bandarlampung, Jumat.

Ia mengatakan bahwa dari banyak program yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Bandarlampung,  kesehatan gratis dan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) patut untuk dicontoh di Jembrana.

Baca juga: Pemkot Bandarlampung Bagikan Perlengkapan Sekolah Gratis Rp10 Miliar

"Nanti teknis dan pola penganggaran bagaimana tim kita akan ke sini untuk mempelajarinya," kata dia.

Meskipun demikian, lanjutnya, untuk program kesehatan gratis yang meliputi semua aspek masyarakat pihaknya hanya akan bekerjasama dengan rumah sakit pemerintah.

"Kalau di Bandarlampung kan mereka semua rumah sakit digunakan baik itu swasta maupun pemerintah, kalo kita mungkin rumah sakit pemerintah saja yang kita gunakan untuk meng-cover semua program kesehatan gratis, meskipun itu hanya kelas tiga," jelasnya.

Kemudian, kata dia, untuk program percepatan pelayanan pembuatan KTP-elektronik, pihaknya juga akan mencoba mengadopsi apa yang telah dilakukan Kota Bandarlampung seperti pengajuan blangko ke Kemendagri.

Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung Herman HN, memaparkan beberapa program kerakyatan yang dilakukannya selama menjabat sebagai orang nomor satu di kota itu seperti program kesehatan gratis hanya memakai KTP-el bagi seluruh masyarakatnya.

"Dari tahun 2011 program kesehatan gratis sudah kita jalankan kemudian juga sekolah gratis juga dan KTP-el, semua ini bagaimana masyarakat Bandarlampung baik itu kaya dan miskin bisa mengecap pendidikan dan kesehatan," ujarnya.

Ia pun menuturkan selain itu juga demi menjaga kerukunan umat agama Pemerintah Kota Bandarlampung juga selalu memudahkan acara keagamaan di kota ini, bahkan sering juga pihaknya ikut membantu sebagai bentuk partisipasi.

Baca juga: Pemkab Jembrana gandeng ANTARA dorong pertumbuhan ekonomi daerah
 
Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020