Kehadiran Indonesia di HM-2020 sangat penting sebagai forum menampilkan kemampuan teknologi
London (ANTARA) - KBRI Paris menyasar kalangan swasta/korporat Prancis untuk meningkatkan kolaborasi dengan Indonesia, selain kerja sama yang saling menguntungkan, juga transfer teknologi dan pengembangan SDM bagi kepentingan pembangunan nasional pada pameran Hannover Messe (HM) 2020.

Panitia penyelenggara mengadakan konferensi pers dengan kalangan jurnalis di Paris dan mengundang Dubes Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha C. Nasir, karena Indonesia adalah negara mitra atau partner country HM-2020 dalam acara yang diadakan di l’Hotel des Arts & Metiers, Paris, Kamis siang (27/2).

Arno Reich dari HM-2020 memberikan gambaran tentang pameran, dan tujuan, tingkat partisipasi, serta inovasi. Pameran perdagangan HM-2020, berlangsung selama empat hari dari 20-24 April 2020 di Hannover Jerman, fokus pada transformasi industri didorong perkembangan digital, climate neutrality, dan kondisi demografis dividen.

Dubes Arrmanatha Nasir menjelaskan langkah-langkah transformasi digital Indonesia untuk maju ke arah industri 4.0, termasuk pengembangan artificial intelligence (AI) dan layanan berbasis internet of things (IoT). Ke depannya, jasa e-commerce, transportasi, kesehatan, pendidikan, dan finansial di Indonesia diproyeksikan akan berkembang semakin pesat.

Dikatakannya pemanfaatan platform teknologi ini diselaraskan dengan visi Presiden Joko Widodo untuk pembangunan Indonesia, yaitu pembangunan infrastruktur, SDM, reformasi struktural, dan transformasi ekonomi ke arah manufaktur dan layanan jasa yang modern.

Proses transformasi ditopang pula dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil dalam kisaran 5 persen, tingkat inflasi sekitar 3 persen, defisit yang rendah, serta kepercayaan yang tinggi dari sektor swasta. Hal ini tercermin dalam tingkat investasi Indonesia. Kondisi politik yang stabil, antara lain dari pelaksanaan Pemilu 2019 yang lancar, menjadi faktor pendukung yang sangat penting.

Paviliun Indonesia di HM-2020 mengusung tema “Making Indonesia 4.0: Connect to accelerate”, dengan lima sektor prioritas, yaitu otomotif, elektronik, makanan dan minuman, tekstil, dan kimia.

Kehadiran Indonesia di HM-2020 sangat penting sebagai forum menampilkan kemampuan teknologi, kreativitas, dan inovatif anak bangsa. Paviliun Indonesia akan menjadi jembatan pengenalan jaringan industri Indonesia kepada pasar dan investor dari Eropa bahkan dunia.

Kalangan bisnis Prancis memberikan tanggapan positif. Dari lembaga Business France, Lilla Merabet, yang juga adalah wakil ketua dewan daerah (vice-présidente de la Région) Grand-Est, menyambut baik Indonesia sebagai negara mitra HM 2020.

Perkembangan ekonomi dan politik Indonesia yang stabil dan dinamis sangatlah menarik, sebagai penampilan bagaimana suatu negara melakukan transformasi industri dan digital, di tengah keragaman sosial yang kompleks.

Visi transformasi dan inovasi Indonesia juga yang menjadi dasar peringatan 70-tahun hubungan RI-Prancis di 2020.  

Baca juga: Indonesia menjadi negara mitra Hannover Messe 2020
Baca juga: Indonesia siap tampilkan yang terbaik di Hannover Messe


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020