Corona bikin batal ke luar negeri? Coba wisata alternatif dalam negeri

Corona bikin batal ke luar negeri? Coba wisata alternatif dalam negeri

Obyek wisata Pantai Menganti (ANTARA/RedDoorz)

Jakarta (ANTARA) - Di antara Anda, mungkin ada yang terpaksa membatalkan perjalanan liburan ke luar negeri seperti Singapura, Thailand, Korea Selatan dan Jepang karena khawatir wabah virus corona yang melanda dunia.

Tidak salah jika Anda memilih menahan diri untuk tidak bepergian ke negara-negara yang berisiko atau ke tempat wisata dalam negeri yang ramai dikunjungi turis mancanegara. Meski demikian, Indonesia memiliki banyak wisata alternatif anti-mainstream yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Apalagi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu (26/2) telah memastikan pemberian insentif pada sektor pariwisata guna mengatasi dampak penyebaran virus corona dengan memberikan potongan harga atau diskon terhadap tarif tiket pesawat hingga 50 persen.

"Kita perkirakan diskon tiket pesawat bisa mencapai 50 persen yaitu 30 persen dari pemerintah dan 20 persen dari perusahaan airline," kata Menteri Keuangan kala itu.

Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah menyiapkan alokasi sebesar Rp443,9 miliar untuk potongan harga atau diskon harga tiket sebesar 30 persen bagi 25 persen dari jumlah seat pesawat.

Ia juga mengingatkan perusahaan maskapai agar memberikan diskon tersendiri bagi para wisatawan, bukan menggunakan insentif yang diberikan pemerintah sebagai penggantinya.

Berikut ini adalah beberapa destinasi pilihan di dalam negeri yang bisa dikunjungi berdasarkan rekomendasi RedDoorz melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa:

1. Pontianak, Kalimantan Barat
 
Kopi legenda Koh Asiang (ANTARA/RedDoorz)


Pontianak merupakan kota yang cocok bagi para pemburu kuliner. Kota ini menyimpan berbagai menu makanan unik yang wajib dicoba, salah satunya adalah Ce Hun Tiaw, jajanan es campur ala Pontianak yang khas.

Ce Hun Tiaw disajikan bersama sagu potong yang dicampur dengan kacang merah, ketam hitam, mutiara dan bongkon(ati pari). Kudapan lain yang harus coba juga adalah es krim Angi. Disuguhkan pada batok kelapa dan secangkir kopi legenda Koh Asiang yang dibuat dengan metode Hainan atau ditarik-ulur hingga berbuih.

Baca juga: Kampung Wisata Caping destinasi baru di Kota Pontianak

Baca juga: Pengusaha travel Sanggau kebanjiran pesanan jelang Natal Tahun Baru


Baca juga: Cap Go Meh genjot wisata Pontianak

2. Kebumen, Jawa Tengah

Pantai Menganti (ANTARA/RedDoorz)

Pernah dengar nama Benteng Van der Wijck? Ini adalah salah satu destinasi wisata yang berada sekitar 19 kilometer dari pusat kota Kebumen.

Benteng itu merupakan peninggalan kolonial Belanda yang unik dan menjadi daya tarik tersendiri untuk para pelancong.

Kebumen juga memiliki Pantai Menganti yang sangat indah dan air jernih. Pasirnya yang putih dan dikelilingi bukit serta tebing membuatnya jadi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Baca juga: Kebumen juga punya studio tiga dimensi

Baca juga: Pevita sempat tak pede main "Tenggelamnya Kapal Van DerWijck"

Baca juga: Presiden "ngopi" santai di Benteng Pendem Ngawi


3. Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Nasional Baluran, Banyuwangi (ANTARA/RedDoorz)

Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuwangi ini memiliki savana yang luas dan dijuluki sebagai "Afrika kecil di Jawa".

Kawasan dengan luas sekira 25.000 hektar ini digunakan untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna.

Banyuwangi juga memiliki acara karnaval tahunan yang bernama Banyuwangi Ethno Carnival.

Festival tahunan memamerkan busana-busana menarik dalam sebuah parade dengan rute sepanjang kurang lebih dua kilometer mulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi.

Baca juga: Banyuwangi gandeng Singapura kembangkan wisata Pulau Tabuhan

Baca juga: Potensi wisata Banyuwangi tampil di Bandara Kuala Lumpur

Baca juga: Banyuwangi dorong pengembangan desa wisata gantikan pembangunan hotel

 


 

4. Sabang, Aceh
 

Gua Sarang, Sabang (ANTARA/RedDoorz)

Tempat wisata yang berada di ujung barat Indonesia ini memiliki banyak sekali objek wisata bahari yang mempesona, di antaranya adalah Pantai Iboih.

Pantai ini mempunyai ombak yang tenang dan cocok untuk bersantai.

Ada juga Gua Sarang yang dulunya menjadi sarang burung walet. Di sini, Anda dapat berenang di lautan dengan air yang jernih.

Baca juga: Kapal pesiar bawa 994 orang turis sandar di Sabang

Baca juga: Melirik destinasi wisata sejarah di Kota Langsa

Baca juga: Pemprov Aceh benahi objek wisata Ketambe di kawasan Leuser

 


 

5. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja, Sulawesi (ANTARA/RedDoorz)

Selain wisata laut, Anda bisa menemukan kearifan lokal masyarakat Indonesia Timur dengan budayanya yang kuat dan dibalut nuansa mistik khas Tana Toraja.

Salah satu destinasi wisata Toraja Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Kete Kesu, komplek rumah adat Tana Toraja yang dikenal dengan nama Tongkonan.

Berlokasi di kawasan perbukitan dan persawahan yang cantik, rumah adat ini merupakan persemayaman mayat sebelum akhirnya di kebumikan. Jika sudah berada di sana, tidak sah kalau belum mampir ke Wisata Londa yang merupakan komplek kuburan di tebing batu besar.

Penempatan mayat di kawasan ini tidak bisa sembarangan, sebab harus disesuaikan dengan garis keluarga.

Baca juga: Lima surga wisata Indonesia yang patut dikunjungi

Baca juga: Dukung wisata halal, di Kete' Kesu Toraja kini ada masjid

Baca juga: Toraja, Wakatobi, Flores dan Tanjung Puting promosi wisata di Berlin

 

 

Pewarta : Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020