Poso (ANTARA) - Banjir bandang menerjang Desa Lengkeka Kecamatan Lore Barat, Kabupaten Poso, Selasa sore sekitar pukul 16.00 WITA diperkirakan lima hingga sepuluh unit rumah hanyut terseret arus banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso, Sulteng Noldi Tobondo mengatakan pihaknya sudah menerjunkan lima personel untuk melakukan proses evakuasi sejak pukul 18.00.

"Kalau informasi dari Camat Lore Barat, sejak pukul 16.00 wita sudah lima rumah yang terseret banjir, tapi ini sejak pukul 16.00 ya,"ujarnya.

Baca juga: BPBD Sulteng kirim personel TRC dan logistik ke lokasi banjir di Poso

Camat Lore Barat, Ruli yang dihubungi melalui sambungan telepon mengatakan banjir berasal dari pegunungan di Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) yang berdekatan dengan perkampungan warga.

"Banjir bukan berasal dari sungai kecil namun langsung dari kawasan TNLL yang berada di pegunungan yang kemudian meluncur langsung ke perkampungan warga,"terangnya.

Ia menyatakan saat ini sebagian warga telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman di wilayah desa itu.

"Sebagian besar wilayah Desa Lengkeka dipenuhi lumpur dan kayu serta material bebatuan yang menumpuk di depan rumah dan jalan,"ucapnya.

Ia menyatakan sebelum musibah itu terjadi, warga mendengar suara gemuruh di pegunungan sekitar pukul 14.00, tidak berselang lama setelah mendengar suara gemuruh saat hujan deras terjadi, tiba-tiba banjir bandang menerjang desa tersebut.

Pewarta: Feri Timparosa/Muhammad Arshandi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020