Palembang (ANTARA) - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Sumatera Selatan membekali polisi setempat mengenai cara mencegah dan menanggulangi penyebaran virus corona baru (Covid-19) yang menjadi perhatian masyarakat internasional.

"Penyebaran virus corona perlu diantisipasi agar tidak mewabah di Sumsel dan Indonesia secara umum," kata Kabiddokes Polda Sumsel  Kombes Pol dr Syamsul Bahar di Palembang, Selasa.

Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, anggota Polda Sumsel diimbau menjaga pola hidup sehat di antaranya apabila batuk bersin agar ditutup dengan menggunakan tangan, pakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, jangan bersentuhan langsung dengan orang yang terinfeksi virus,.

Kemudian menggunakan alat pelindung kesehatan agar tidak terinfeksi. Setelah memegang suatu benda atau barang setelahnya segera mencuci tangan dengan bersih dan rajin berolahraga, katanya.

Beberapa gejala seseorang terinfeksi virus Covid 19, yakni mengalami batuk, filek, pusing, deman serta sesak nafas. Hal tersebut terjadi pada masa inkubasi selama 14 hari.

Baca juga: WHO: Ada kemiripan antara corona dan Influenza

Penyebaran virus tersebut terjadi ketika seseorang yang terjangkit atau terinfeksi virus mengalami gejala batuk, pilek, dari air liur dan bersin yang dikeluarkan ke udara kemudian bersentuhan langsung tanpa menggunakan alat pengaman seperti sarung tangan dengan orang yang terinfeksi virus tersebut.

Pembekalan pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Covid 19 disaksikan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Priyo Widyanto, Wakapolda Brigjen Pol Rudi Setiawan dan pejabat utama.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, dr Lesti Nuraini meminta masyarakat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah gangguan kesehatan dan penularan virus corona

Peningkatan PHBS dilakukan dengan menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat.

Masyarakat yang tersebar di 17 kabupaten dan kota harus memperhatikan indikator PHBS seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, mengonsumsi sayur dan buah harian serta melakukan olahraga.

Guna mencegah penyakit yang biasa muncul pada musim hujan dan penyebaran virus corona, dia mengimbau masyarakat mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum menyentuh makanan, menggunakan air bersih untuk minum dan memasak makanan serta menggunakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah/ruangan terbuka.
Baca juga: Pemerintah fokus pantau WNI di negara signifikan terdampak corona

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020