Imbauan DMI tersebut sangat baik untuk menjaga kebersihan di masjid dan mushala, terlebih dengan merebaknya virus COVID-19 saat ini
Tarakan, Kaltara (ANTARA) - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Muhammad Shaberah mengimbau agar para pengurus masjid dan mushala untuk selalu menjaga kebersihan guna mencegah dan menghindari terinfeksi virus COVID-19.

Imbauan  tersebut disampaikan terkait dengan surat Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) M. Jusuf Kalla (JK) dengan Nomor: 041/PP-DMI/II/2020 tentang Iimbauan Sanitasi Siaga Masjid/Mushala.

“Imbauan DMI tersebut sangat baik untuk menjaga kebersihan di masjid dan mushala, terlebih dengan merebaknya virus COVID-19 saat ini ” kata Shaberah saat dihubungi di Tarakan, Kamis.

Dijelaskannya dengan menjaga kebersihan di masjid/mushala, maka jamaah yang menunaikan ibadah tidak merasa khawatir dan tetap khusyuk.

Diharapkan imbauan yang disampaikan oleh DMI tersebut sebaiknya dilaksanakan oleh para pengurus masjid/mushala serta jamaah.

Adapun iimbauan untuk melakukan Sanitasi Siaga di antaranya teratur menjaga kebersihan lantai masjid/mushala dengan cairan desinfektan, menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lainnya dengan rutin.

Kemudian menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan desinfektan serta mengimbau para jamaah shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing- masing, demikian Muhammad Shaberah.


Baca juga: Posko bersama pencegahan virus corona didirikan di Tarakan dan Nunukan

Baca juga: Tiga perawat RSUD Tarakan diberi sanksi karena candaan virus corona

Baca juga: KKP Tarakan pemeriksaan penumpang dari Tawau di atas pesawat

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020