Polda Metro Jaya dapat penghargaan dari Lemkapi

Polda Metro Jaya dapat penghargaan dari Lemkapi

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mendapat penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) atas prestasi dan kinerja yang dinilai sangat baik. ANTARA/Fianda Rassat

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mendapat penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) atas prestasi dan kinerja yang dinilai sangat baik.

Dalam acara pemberian penghargaan tersebut di Polda Metro Jaya, Rabu,
Ketua Lemkapi Edi Hasibuan mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan atas dasar penelitian masyarakat terhadap tingkat kepercayaan dan kinerja anggota Polri.

"Hasil penelitian dari 800 responden, Polda Metro Jaya termasuk paling banyak menyumbang prestasi kepada Polri," kata Edi.

Edi juga menyampaikan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polda Metro Jaya, khususnya tiga bulan terakhir terbilang tinggi.

“Kemarin tiga bulan ini kita lakukan penelitian. Tingkat kepercayaan terhadap Polri ada di angka 82,9 persen, terhitung sejak Januari sampai dengan Maret,” ujar Edi.

Baca juga: Lemkapi apresiasi Polri ungkap pelaku teror Novel Baswedan

Edi juga membahas mengenai salah satu kasus yang berhasil diungkap Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dia mengatakan paling banyak menyita perhatian masyarakat tidak hanya di Jakarta tapi juga di seluruh Indonesia.

Yang paling mendapat perhatian masyarakat adalah kasus Novel Baswedan. Bisa dibayangkan sudah dua tahun bekerja dan akhirnya terbongkar.

"Inilah apa yang membuat masyarakat semakin percaya kepada Polri bahwasanya di sini penegakan hukum itu profesional dan berkeadilan," tuturnya.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Suyudi Ario Seto tidak menduga bahwa jajarannya bisa meraih penghargaan tersebut.

“Beliau hadir di sini tanpa kami perkirakan atau kami sangka-sangka ternyata Bang Edi dan teman-teman ini memperhatikan apa yang teman-teman (Ditreskrimum) lakukan. Ini merupakan suatu kebanggaan karena kinerja kita dinilai, diperhatikan dan mendapatkan apresiasi dari Lemkapi, walaupun bukan itu tujuan kita,” kata Suyudi.

Suyudi menyebutkan yang dilakukan jajarannya merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dia pun berharap penghargaan ini bisa memberikan semangat baru, tidak hanya kepada jajaran Ditreskrimum tapi juga kepada seluruh jajaran Polda Metro Jaya dan Polri.

“Apa yang kami terima ini adalah bentuk perhatian dan motivasi yang menjadikan sebuah spirit baru, spirit baru yang lebih nyata ke depan kepada masyarakat khususnya di bidang hukum,” katanya.
Baca juga: Lemkapi sarankan penyelundupan Harley Davidson ditangani polisi
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020