Manado (ANTARA) - Tim Satgas Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII membersihkan material pasca bencana tanah longsor dan banjir bandang di Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara.

Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (T) Yusuf Ali, di Manado, Kamis mengatakan Satgas yang dibentuk oleh Lantamal VIII untuk membantu korban bencana alam tanah longsor dan banjir bandang telah tiba di Sangkub, Bolmut.

"Saat tiba di Sangkub, Satgas yang dipimpin Mayor Laut (P) Supriyanto, langsung melakukan tindakan untuk membantu masyarakat," katanya .

Ia mengatakan Dansatgas Mayor Laut (P) Supriyanto, melaksanakan koordinasi dengan Kepala Desa Suka Makmur, Kepala Desa Pangkusa, Danposal dan Babinsa tentang hal-hal yang perlu dikerjakan.

Baca juga: SAR gabungan temukan korban banjir bandang Bolaang Mongondow
Baca juga: BMKG: Banjir Bolmut-Sulut disebabkan terjadinya belokan angin


Dari koordinasi itu, kemudian membagi personel menjadi dua tim untuk membantu masyarakat sekitar membersihkan material longsor dan sisa-sisa banjir berupa lumpur.

Tim pertama membantu masyarakat di Desa Suka Makmur membersihkan puing-puing bangunan gereja Pantekosta yang rusak karena terkena longsoran tanah dan pohon tumbang dilanjutkan pembersihan sekolah TK bersama masyarakat.

Tim kedua membantu masyarakat Desa Pangkusa memindahkan pondok TPQ (Taman Pengajian Al Qur'an) yang terseret oleh banjir dilanjutkan pembersihan sekolah PAUD terpadu di Desa Pangkusa.

Ia menambahkan akibat bencana itu, kondisi lokasi bencana sering mati listrik dan tidak ada sinyal telepon.

Kondisi ini membuat akses berkomunikasi sangat sulit mendapatkan sinyal, dan harus menuju daerah sekitar 9 km dari lokasi kejadian

Baca juga: Pemprov Gorontalo bantu korban banjir di Bolmong Utara
Baca juga: Banjir bandang terjang Bolaang Mongondow Raya, Baznas berikan bantuan
Baca juga: Tim lanjutkan pencarian korban tertimbun longsor Bolaang Mongondow

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020