PDI Perjuangan Kalbar panaskan mesin politik lewat Rakerda I

PDI Perjuangan Kalbar panaskan mesin politik lewat Rakerda I

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar Lazarus membuka menyampaikan sambutan pada Rakerda I DPD DPI Perjuangan Kalbar yang dilaksanakan di Pontianak (ANTARA/Rendra Oxtora)

Pontianak (ANTARA) - DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat mengelar rapat kerja daerah (rakerda) I untuk membahas agenda konsolidasi internal partai sekaligus pemanasan mesin politik dalam menghadapi pilkada serentak di tujuh kabupaten di Kalbar.

"Rakerda I DPD PDI Perjuangan Kalbar ini merupakan agenda konsolidasi internal sekaligus pemanasan mesin politik partai guna menghadapi pilkada serentak di tujuh kabupaten di Kalbar. Agenda lain yang juga akan dibahas saat rakerda ialah pemantapan pelaksanaan program-program partai dan pembahasan mengenai sejumlah isu strategis daerah," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lazarus di Pontianak, Sabtu.

Pada kesempatan tersebut, Lazarus menyampaikan bahwa PDI Perjuangan akan selalu mendukung program pemerintah yang seiring dan selaras dengan tujuan dan cita-cita PDI Perjuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Makanya, pada rakerda ini merupakan sarana bagi kami untuk menyosialisasikan program partai dalam mengawal program tersebut di jajaran DPD dan DPC yang ada di Kalbar," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Kesehatan dan Anak DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu, yang mewakili Ketua Umum DPP PDI Perjuangan menyampaikan bahwa pada Rakerda I DPP PDI Perjuangan Kalbar ini pihaknya menurunkan beberapa narsum untuk menyampaikan materi penguatan partai kepada para kader.

"Diharapkan semua peserta yang hadir pada kegiatan ini bisa mengikutinya dengan baik sehingga apa yang dirumuskan dalam Rakernas I yang dilaksanakan pada Januari kemarin, bisa tersampaikan dengan baik kepada seluruh Kader PDI Perjuangan Kalbar," katanya.

Sri Rahayu mengharapkan agar DPD PDI Perjuangan Kalbar dapat melakukan regenerasi kepengurusan dalam internal partai dengan mengedepankan kaum milenial untuk terlibat dalam tubuh partai.

"Ini kami rasa sangat penting, agar partai ini bisa melakukan gerakan yang cepat dalam menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman dan teknologi yang pesat. Jangan ragu untuk menyerahkan tongkat estapet kepemimpinan kepada generasi milenial," tuturnya.

Baca juga: PDIP Kalbar survei calon yang akan diusung pada Pilkada 2020

Ketua Panitia Rakerda PDI Perjuangan Kalbar 2020, Sujiwo mengatakan peserta yang hadir pada kegiatan tersebut sebanyak 706 orang terdiri dari anggota DPR RI, DPRD pengurus DPC dan Badan-badan partai.

"Sedangkan untuk sumber dana Rakerda I ini berasal dari kas DPD partai dan gotong royong seluruh kader PDI Perjuangan Kalbar. Kami mengharapkan dengan semangat gotong royong dan dengan semangat sebagai partai pelopor, dapat mengantarkan PDI Perjuangan ke pintu gerbang kejayaan, dan mengantarkan PDI Perjuangan memenangkan pemilu tiga kali berturut-turut," kata Sujiwo.

Dia juga mengatakan, panitia berharap agar rakerda ini bisa berjalan maksimal sehingga melahirkan berbagai terobosan baru dalam memajukan partai moncong putih tersebut.

Pada kegiatan ini, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengharapkan agar PDI Perjuangan bisa bersinergi dan bersama-sama membangun Kalbar.

"Eksistensi PDI Perjuangan dalam pembangunan sudah tidak diragukan lagi. Untuk itu kita harap PDI Perjuangan bisa bersinergi dengan Pemprov Kalbar dan Pemkab lainnya, untuk menyukseskan program pemerintah karena saya yakin visi dan misi PDI Perjuangan sangat jelas untuk membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurutnya, hal itu tentu selaras dengan cita-cita luhur PDI Perjuangan untuk membangun dan mewujudkan Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur.

Baca juga: Kapolda Kalbar berharap penyelenggaraan Pilkada 2020 aman-damai

Baca juga: Gubernur Kalbar ingatkan KPU untuk transparan dalam pilkada serentak

Baca juga: Polda Kalbar siap amankan Pilkada Serentak 2020


 
Pewarta : Rendra Oxtora
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020