Bupati Belitung keluarkan instruksi meliburkan sekolah

Bupati Belitung keluarkan instruksi meliburkan sekolah

Pemkab Belitung menggelar konferensi pers terkait COVID 19. ANTARA/Kasmono

Belitung,Babel (ANTARA) - Bupati Belitung Sahani Saleh mengeluarkan instruksi meliburkan sekolah sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Hal tersebut tertuang di dalam Surat Edaran Nomor: 443.1/266/II/2020 tentang instruksi dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Belitung.

"Sehubungan dengan merebaknya virus corona di Indonesia maka dengan ini untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus tersebut di Kabupaten Belitung," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Dia menjelaskan instruksi tersebut, antara lain meliburkan aktivitas belajar mengajar di tingkat Kelompok Bermain/Taman Kanak-Kanak (PAUD) SD, SMP, dan TPA/madrasah dan yang setara lainnya selama 14 hari ke depan.

"Agar anak-anak sekolah berada di rumah untuk belajar mandiri dan dibimbing oleh orang tua atau wali murid dengan berkoordinasi dengan guru kelas melalui metode sosial media," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Mataram liburkan pelajar semua jenjang sekolah

Ia mengatakan seluruh aktivitas yang melibatkan orang ramai dianjurkan ditunda sementara atau dijadwalkan kembali sampai waktu yang kondusif dan akan diumumkan oleh pemerintah daerah.

"Kemudian pengurus rumah ibadah dapat segera mungkin membersihkan rumah ibadah dan dilaksanakan berkoordinasi dengan puskesmas atau Dinas Kesehatan setempat," katanya.

Ia mengharapkan masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, antara lain dengan makan makanan gizi yang berimbang, olahraga di tempat yang terbatas, dan memperbanyak minum air putih hangat.

"Masyarakat jangan panik dan beraktivitas dengan terbatas tanpa melakukan upaya yang berlebihan seperti membeli masker, antiseptik dan sembako dalam jumlah besar untuk kepentingan pribadi," ujarnya.

Pemerintah daerah, kata dia, akan terus menyampaikan hal-hal penting dan informasi kepada masyarakat melalui berbagai media.

"Agar tidak mempercayai hoaks dan hanya meyakini informasi yang bersumber dari pemerintah daerah secara resmi," katanya.

Baca juga: Bupati Bogor instruksikan guru siapkan setumpuk pekerjaan rumah
Baca juga: Antisipasi penyebaran COVID-19, sekolah-PT di Batang-Jateng diliburkan
Pewarta : Kasmono
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020