please untuk yang punya pilihan jangan bandel #dirumahaja
Jakarta (ANTARA) - Putri mendiang Guru Besar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof Dr dr Bambang Sutrisna MHSc, Leonita Triwachyuni, cuhat mengenai pentingnya tetap tinggal di rumah selama berlangsungnya pandemi global COVID-19.

Dalam akun Instagramnya @nonznonz, Leonita atau Noni menjelaskan ayahnya tertular COVID-19 dari pasien yang ditanganinya. Pasien tersebut merupakan suspek COVID-19 dengan hasil rontgen paru-paru yang sudah putih. Pasien tersebut kemudian pulang paksa dari rumah sakit karena berbagai alasan.

Dampaknya, ayahnya demam dan sesak nafas, kemudian dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan penanganan namun tidak tertolong dan kemudian meninggal dunia.

"Saya tulis ini cuma mau minta tolong, please untuk yang punya pilihan jangan bandel #dirumahaja dan yang udah di rumah sakit jangan bandel sampai pulang paksa," tulisnya.

Baca juga: Guru besar epidemiologi meninggal dunia, UI tunggu hasil laboratorium
Baca juga: Seorang dokter di Malaysia meninggal karena COVID-19


Dia juga menuliskan yang paling menyedihkan dari pasien COVID-19 karena harus diisolasi dan keluarga tidak bisa melihat kondisi pasien.

Ia juga tidak bisa melihat saat ayahnya meninggal dunia, tidak ada foto pemakaman dan tidak bisa memilih untuk dimakamkan dimana.

Ia sendiri berprofesi sebagai dokter, selama dua minggu terakhir tidak pulang karena khawatir menularkan virus pada orang tuanya yang berusia di atas 60 tahun.

"Saya tidak punya pilihan untuk #dirumahaja, karena saya masih jaga (di rumah sakit) ," tulisnya lagi.

Dia berharap apa yang dialaminya dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk patuh pada anjuran pemerintah, dengan tetap berdiam diri di rumah agar bisa memutus mata rantai penyebaran virus saluran infeksi pernafasan tersebut di Tanah Air.

Baca juga: Tiga dokter meninggal diduga terpapar COVID-19 dari pasien
Baca juga: Belum ada informasi resmi soal penyebab dua dokter meninggal

 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020