Baguna PDIP Jatim bagikan seribu paket rempah-rempah cegah COVID-19

Baguna PDIP Jatim bagikan seribu paket rempah-rempah cegah COVID-19

Tim Baguna PDI Perjuangan Jatim saat membagikan paket berisi rempah-rempah, beras, telur rebus di beberapa titik di Kota Surabaya, Kamis (26/03/2020). (ANTARA Jatim/Kominfo PDIP Jatim/FA)

Surabaya (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Jawa Timur membagikan seribu paket berisi jamu rempah-rempah, beras, dan telur rebus di beberapa titik di Kota Surabaya, Kamis.

"Hal itu sebagai upaya pencegahan penularan virus corona atau COVID-19," ujar Kepala Baguna PDIP Jatim SW Nugroho kepada wartawan di Surabaya, Kamis malam.

Baca juga: PDI Perjuangan usulkan Jatim buat RS khusus COVID-19

Pembagian paket menggunakan ambulans Baguna tersebut sasarannya adalah warga kurang mampu yang ekonominya terdampak langsung akibat COVID-19, seperti tukang becak, PKL, sopir angkot, pemulung, dan tukang sapu jalanan.

Pembagian paket, kata dia, juga disertai pemberian masker dan dilakukan secara senyap atau tanpa menimbulkan kerumunan warga.

Baca juga: Gubernur Jatim imbau masyarakat tunda gelar resepsi pernikahan

"Ini sesuai instruksi pemerintah dan DPP PDI Perjuangan, dalam situasi sekarang tidak boleh ada kerumunan massa yang rentan terjadi penularan COVID-19," ucap Wakil Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim tersebut.

Sementara itu, Baguna juga mendirikan dapur umum untuk menyiapkan telur rebus dan ramuan jamu di halaman kantor DPD PDIP Jatim di Jalan Kendangsari Industri 57 Surabaya.

Baca juga: Polda Jatim-TNI akan bubarkan tempat keramaian cegah COVID-19

Selain pembagian paket, Baguna Jatim juga membagikan leaflet yang berisi sosialisasi tentang COVID-19 serta imbauan hingga cara pencegahannya.
Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020