KRI Kakap disemprot disinfektan saat tiba di Dermaga Lantamal VI

KRI Kakap disemprot disinfektan saat tiba di Dermaga Lantamal VI

Prajurit Lantamal VI menyemprotkan disinfektan ke seluruh bagian KRI Kakap-811 saat tiba di Dermaga Layang Mako Lantamal VI. ANTARA/HO-Lantamal VI

Makassar (ANTARA) - Kapal Perang Indonesia (KRI) Kakap-811 yang tiba di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar langsung disemprot dengan disinfektan, termasuk seluruh prajuritnya.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Lantamal VI Makassar Letkol Laut (K) drg. Heri Herliana di Makassar, Jumat, mengatakan bahwa penyemprotan disinfektan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya virus atau bakteri yang menempel di bagian kapal.

"Ini adalah langkah antisipasi yang kami lakukan karena sekarang penularan COVID-19 ini terus meluas. Kami berharap penularan ini bisa diputus," ujarnya.

Letkol Laut (K) drg. Heri Herliana yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal VI mengatakan bahwa pelaksanaan penyemprotan disinfektan di KRI merupakan salah satu tindakan preventif.

Baca juga: Cegah COVID-19, UI kembangkan alat disinfektan sinar ultra violet

Baca juga: Jaksel uji coba semprot disinfektan dengan 'drone'

Baca juga: Cegah COVID-19, seluruh area BPJAMSOSTEK NTB disemprot disinfektan


Penyemprotan disinfektan dilakukan diseluruh bagian kapal, mulai dari haluan sampai buritan serta bagian dalam ruangan-ruangan di KRI Kakap-811.

"Guna mencegah penyebaran wabah COVID-19, seluruh prajurit juga diperiksa suhu tubuhnya dengan thermo scanner," katanya.

Ia menganjurkan seluruh awak KRI Kakap-811 agar tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi wabah COVID-19 yang saat ini menjadi momok bagi masyarakat di seluruh
dunia.

"Tetap tenang dalam menjalankan tugas dan aktivitas sehari-hari, ikuti anjuran pemerintah untuk selalu mencuci tangan, jaga kebersihan dan kesehatan bersama, serta selalu waspada terhadap media yang jadi penyebaran virus corona ini," ucapnya.
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020