Berdasarkan hasil pantauan tim rata-rata warga sudah mengikuti surat edaran kita walaupun tadi masih ada sedikit keramaian. Untuk ke depan pukul 20:00 WIB tidak ada toleransi lagi
Belitung, Babel (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membubarkan kerumunan massa yang sedang nongkrong guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19 di daerah itu.

"Berdasarkan hasil pantauan tim rata-rata warga sudah mengikuti surat edaran kita walaupun tadi masih ada sedikit keramaian. Untuk ke depan pukul 20:00 WIB tidak ada toleransi lagi," kata Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Minggu.

Bupati ikut melaksanakan patroli gabungan dalam skala besar untuk membubarkan kerumunan massa yang sedang nongkrong di pusat-pusat keramaian seperti, kafe, rumah makan atau kedai kopi pada Sabtu (28/3) malam.

"Otomatis kalau sudah kami peringatkan tetapi masih juga buka maka kegiatan-kegiatan yang ada semacam izinnya, maka kia cabut izinnya dan kita berharap sama-sama mengerti kondisi genting saat ini akibat pandemi COVID-19," katanya.

Ia mengharapkan semua pihak untuk saling mengerti dan bekerja sama dalam upaya mempertahankan Belitung agar tetap menjadi zona hijau atau bebas dari COVID-19 hingga saat ini.

"Kita berharap sama-sama mengertilah dengan kondisi seperti sekarang ini sama-sama memaklumi demi kebaikan karena kita merasakan susah semua jangan mikir kami pejabat tidak susah padahal kami paling susah tidur saja tidak nyenyak," kata Sahani Saleh.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono mengatakan dalam patroli tersebut pihaknya mengerahkan sebanyak 100 personel

Kapolres menambahkan pihaknya akan terus melaksanakan patroli dan menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tetap di rumah dan menghindarkan titik-titik keramaian.

"Iya kami akan terus patroli selepas ini juga apel dan patroli lagi," ujarnya.


Baca juga: 70 persen ASN di Bangka Belitung dirumahkan cegah corona

Baca juga: Jumlah ODP dan PDP COVID-19 di Kabupaten Belitung terus bertambah

Baca juga: Laboratorium DLH Belitung produksi cairan pembersih tangan

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020