Pandemi COVID-19, Kemenag Riau salurkan paket sembako bagi mustahik

Pandemi COVID-19, Kemenag Riau salurkan paket sembako bagi mustahik

Ilustrasi - Paket sembako untuk ODP COVID-19 di Siak. ANTARA/Bayu Agustari Adha

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Unit Pengumpul Zakat Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menyalurkan 100 paket sembako kepada mustahik di lingkungan kerja instansi itu guna meringankan beban mereka dalam menghadapi pandemi virus corona baru (COVID-19).

"Sembako disalurkan khususnya bagi keluarga golongan ekonomi lemah yang kini diyakini terpapar secara ekonomi akibat pandemi COVID-19," kata Kabid Penerangan Agama Islam, Zakat, dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Riau Saman S. di Pekanbaru, Rabu (1/4).

Ia menyebutkan penerima paket sembako adalah para pramubakti, petugas kebersihan, satpam, sopir, pegawai koperasi kategori "asnaf" duafa dan tetangga dari pejabat atau pegawai Kanwil Kemenag Provinsi Riau.

"Sejumlah keluarga yang tergolong 'asnaf' dan lainnya itu guna mendukung ketersediaan bahan pokok di rumah mereka, sementara kini kondisi ekonomi mereka terpuruk akibat pandemi COVID-19," katanya didampingi Kasi Pemberdayaan Zakat Kamaruddin.

Baca juga: 610 pedagang kantin sekolah terdampak pandemi COVID-19 dibantu sembako

Penyaluran bantuan untuk tahap berikutnya, katanya, akan diagendakan lagi terkait dengan masih banyak "asnaf" lainnya yang juga membutuhkan.

Aksi kemanusiaan tersebut, kata dia, sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi keluarga besar Kanwil Kemenag Provinsi Riau kepada masyarakat sekitar, khususnya dalam situasi perekonomian setempat yang tidak kondusif saat ini karena pandemi virus corona tersebut.

"Aksi peduli sosial ini merupakan agenda rutin dari UPZ Kemenag Riau dalam rangka peduli sesama," katanya.

Ia menyebut paket sembako itu, antara lain berupa beras, telur, minyak goreng, kecap, tepung, gula, teh, susu, dan mi instan.

Baca juga: Anggaran Program Sembako naik Rp43,6 triliun atasi dampak COVID-19
Baca juga: Barito Utara bagikan sembako kepada warga miskin terdampak COVID-19
Pewarta : Frislidia
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020