Tapi sampai saat ini kita masih menunggu hasil Lab untuk mengkonfirmasi apakah pasien yang meninggal ini positif atau negatif COVID-19
Pontianak (ANTARA) - Satu pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 yang dirawat di RSUD Abdul Aziz Singkawang Kalimantan Barat meninggal dunia, Kamis pagi.

"Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki berusia 12 tahun, yang mana pasien ini sebelumnya pernah mondok di Madura, Jawa Timur," kata Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Ruchanihadi.

Baca juga: Dua orang di Belitung dinyatakan negatif COVID-19

Pasien yang meninggal, katanya, sebelumnya punya riwayat mondok di Madura selama dua bulan. "Saat berada di Madura, pasien ini sudah mengalami gejala demam dan batuk selama kurang lebih dua bulan," ujarnya.

Namun, dalam seminggu terakhir kondisi pasien tersebut mengalami keburukan yang sangat cepat, dimana pasien mengalami penurunan kesadaran bahkan sesak nafas sehingga pasien dimasukkan dalam kategori PDP dari pihak RSUD Abdul Aziz Singkawang.

Baca juga: Peneliti IPB-UI teliti bahan alami antivirus COVID-19

"Tapi sampai saat ini kita masih menunggu hasil Lab untuk mengkonfirmasi apakah pasien yang meninggal ini positif atau negatif COVID-19," katanya.

Masalahnya, kata dia, hasil Lab Jakarta sampai saat ini masih belum keluar sehingga belum ada kepastian mengenai hasil yang menyatakan apakah positip atau negatif COVID-19.

Baca juga: Hidayat Nur Wahid kritisi satu pasal dalam Perppu 1/2020

"Namun berdasarkan hasil pemeriksaan cepat melalui rapid test, pasien dinyatakan negatif COVID-19," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya masih menunggu hasil Lab Jakarta untuk mengkonfirmasi apa sebenarnya yang dialami pasien tersebut.

Dia mengungkapkan, sesuai dengan protokol rumah sakit, maka penanganan jenazah tetap memperlakukan pasien PDP tersebut dengan protokol penatalaksanaan jenazah COVID-19.

"Hal itu dilakukan demi mengutamakan keamanan dan keselamatan seluruh masyarakat Singkawang," tuturnya.

Kepala Kantor Kemenag Singkawang, Muhammad Natsir mengatakan, penanganan jenazah dari semua agama, sudah pihaknya sampaikan mengenai penanganan jenazah COVID-19.

"Bagi yang beragama Islam, tentunya bisa mengikuti protap prosedur kesehatan dari rumah sakit," katanya.

Kepada pihak keluarga, diimbau untuk tidak berkumpul semisal mengadakan tahlilan terhadap aAlmarhum.

"Tetapi bisa dilakukan dengan cara mendoakan Almarhum dari tempat atau rumahnya masing-masing," ujarnya.

Dia berharap, masyarakat Singkawang bisa mengerti dan memahami imbauan yang pihaknya sampaikan.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga pasien. "Semoga Almarhum diterima oleh Tuhan dan pihak keluarga selalu diberikan kekuatan dan kesehatan," katanya.

Kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang, tidak panik tapi harus tetap waspada dan ikuti instruksi dari Dinas Kesehatan dan Surat Edaran Gubernur Kalbar dan Wali Kota Singkawang.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020