Hasil tes cepat, dua warga Kayong Utara Kalbar positif COVID-19

Hasil tes cepat, dua warga Kayong Utara Kalbar positif COVID-19

Bupati Kayong Utara Citra Duani (ANTARA/Dedi)

Pontianak (ANTARA) - Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat, Citra Duani mengatakan berdasarkan hasil tes cepat yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah terkait, ditemukan dua warga daerah itu positif terjangkit COVID -19.

"Memang benar ada dua pasien dalam pengawasan (PDP) setelah kita lakukan tes cepat terindikasi positif COVID-19," ujar Citra Duani saat dihubungi di Kayong Utara, Kamis.

Baca juga: Satgas Pencegahan COVID-19 Kayong Utara awasi penumpang dari Pontianak

Ia menjelaskan dengan hasil tes cepat tersebut, dua PDP langsung dirujuk ke RSUD Agusdjam untuk melakukan swap tes.

"Hasil swap dengan sampel materi dari enggorokan akan dkirim ke Jakarta. Hasil dari Jakarta nanti hasil itu yang menentukan pasien tersebut positif atau tidak COVID-19. Kembali, positif atau tidaknya seseorang COVID-19 menunggu hasil swab tes yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat," jelas dia.

Baca juga: Pemkab Kayong Utara siap sambut Daud "Cino" Jordan

Menurutnya, terkait tes cepat yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara terhadap ODP untuk melakukan tindakan yang perlu dilakukan dan bukan untuk penetapan status kepada seseorang.

Ia menyebutkan sampai dengan 2 April 2020, jumlah ODP di Kayong Utara sebanyak 44 orang dan yang habis masa karantina 25 orang. Sedangkan PDP di Kayong Utara saat ini satu orang yang sedang dirawat di RSUD Agoesdjam.

Untuk itu dirinya berharap masyarakat tidak panik dan tetap waspada untuk pencegahan penularan COVID-19.

Baca juga: Pemkab Kayong Utara hibahkan lahan untuk Pos Basarnas

"Mari selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, jaga jarak, menggunakan masker dan lebih baik di rumah saja," pesan dia.

Sebelumnya, Tim Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan COVID-19 wilayah Teluk Batang, Kayong Utara juga memperketat pengawasan terhadap penumpang transportasi air yang datang dari Pontianak.

"Di pintu gerbang Kayong Utara, penumpang dari Pontianak diawasi ketat baik yang menggunakan kapal, speedboat maupun kapal ASDP yang dapat mengangkut kendaraan roda 4. Pengawasan dalam rangka pencegahan wabah COVID-19," ujar Ketua Tim Satgas COVID-19 Wilayah Teluk Batang, Hambali.

Baca juga: Kadin Kalbar berikan bantuan APD tangani COVID-19 di Pontianak

Pewarta : Dedi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020