solusi aman untuk pencegahan penularan COVID-19 dengan cuci tangan memakai sabun dan air mengalir dengan rutin atau gunakan cairan pembersih tangan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan tidak menganjurkan pemerintah daerah maupun masyarakat untuk menggunakan bilik disinfeksi sebagai upaya pencegahan virus corona baru (COVID-19) karena berisiko terhadap kesehatan.

"Tidak menganjurkan penggunaan bilik desinfeksi di tempat dan fasilitas umum (TFU) serta permukiman," demikian Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari dalam surat edaran tentang anjuran tidak menggunakan bilik disinfeksi untuk pencegahan penularan COVID-19 yang dikutip di Jakarta, Jumat.

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa disinfeksi hanya dilakukan pada permukaan benda mati, seperti lantai, dinding, peralatan, ruangan, pakaian, dan alat pelindung diri.

Tindakan disinfeksi tidak dianjurkan dilakukan pada tubuh manusia karena bisa menimbulkan risiko kesehatan, seperti iritasi kulit dan iritasi pada saluran pernapasan. Penggunaan desinfektan jenis larutan hipoklorit pada konsentrasi tinggi dapat mengakibatkan kulit terbakar parah.

Berdasarkan pantauan Kemenkes di lapangan, berbagai macam cairan disinfektan yang digunakan untuk bilik desinfeksi itu, di antaranya diluted bleach (larutan pemutih/natrium hipoklorit), klorin dan sejenisnya, etanol 70 persen, amonium kuarterner (seperti benzalkonium klorida), dan hidrogen peroksida (H202).

Disinfektan tersebut merupakan cairan yang digunakan untuk mendisinfeksi ruangan dan permukaan, seperti lantai, perabot, peralatan kerja, pegangan tangga atau eskalator, dan moda transportasi.

Baca juga: Pemkot Bekasi gunakan drone semprot jalan protokol dengan disinfektan

Hingga saat ini, Kemenkes menganjurkan solusi aman untuk pencegahan penularan COVID-19 dengan cuci tangan memakai sabun dan air mengalir dengan rutin atau gunakan cairan pembersih tangan.

Jika warga harus keluar rumah, Kemenkes menganjurkan mereka menghindari kerumunan, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Selain itu, masyarakat dianjurkan membuka jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Jika menggunakan kipas angin atau alat pengatur suhu ruangan,  wargadianjurkan melakukan pemeliharaan secara rutin.

Masyarakat juga dianjurkan untuk segera mandi dan mengganti pakaian setelah bepergian keluar rumah.

Baca juga: Lakukan hal ini usai semprot disinfektan interior mobil
Baca juga: Polsek Tanjung Duren pasang bilik semprot disinfektan untuk tamu
Baca juga: Pemkot Palangka Raya semprot disinfektan 50 kawasan publik

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020