DPRD minta warga datang dari luar daerah lapor, cegah COVID-19

DPRD minta warga datang dari luar daerah lapor, cegah COVID-19

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali. ANTARA/Sukarli

Banjarmasin (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali meminta warga yang datang dari luar daerah itu aktif melapor ke Dinkes setempat untuk memudahkan penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Apalagi Banjarmasin sudah ditetapkan sebagai zona merah. Jadi jika ada warga yang datang dari luar daerah sebaiknya segera melaporkan diri mereka," ujarnya di Banjarmasin, Jumat.

Anggota DPRD Banjarmasin pun, ujar dia, sudah melakukan upaya seoptimal mungkin dalam mencegah penyebaran virus corona itu.

Ia menyebut salah satu dilakukan anggota dewan, yakni melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di setiap daerah pemilihan secara mandiri, untuk mengurangi penyebaran virus tersebut.

"Gerakan ini paling tidak mengurangi penyebarannya, dan terima kasih bagi anggota DPRD di lima dapil yang bergerak melakukan pencegahan," terangnya.

Baca juga: Hasil negatif, empat orang PDP COVID-19 di Banjarmasin dipulangkan

Ia menjelaskan bahwa dewan setempat menginginkan pemerintah daerah itu lebih memperketat akses masuk bagi warga yang datang ke ibu kota provinsi tersebutini.

"Seperti di jalur laut di Pelabuhan Trisakti, jalur darat di Pal 6 dan Kayutangi Ujung. Peran puskemas di tiga daerah itu juga perlu ditingkatkan dalam mengantisipasi wabah tersebut," ucapnya.

Terkait dengan kasus virus corona baru itu di Banjarmasin, politikus Partai Golkar tersebut mengatakan bahwa berdasarkan data yang didapat setelah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas P3 COVID-19 Banjarmasin, saat ini yang terinfeksi empat 4 orang.

"Tiga pasien dari Banjarmasin Utara dan satu pasien dari Banjarmasin Selatan. Dua di antaranya isolasi mandiri dan dua lagi di RSUD Ulin Banjarmasin. Kalau di Ulin ada satu yang sembuh," katanya.

Baca juga: Cegah COVID-19, Bandara Syamsudin Noor dukung pembatasan masuk Kalsel
Baca juga: Sebagian besar PDP diduga COVID-19 di RSUD Ulin semakin membaik
Pewarta : Sukarli
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020