Peringatan HUT Ke-74 TNI-AU digelar sederhana di tengah wabah COVID-19

Peringatan HUT Ke-74 TNI-AU digelar sederhana di tengah wabah COVID-19

Arsip-Pesawat TNI AU Hercules C-130 A-1316 dari Skadron Udara 32 Lanud Abd Saleh Malang yang berangkat dari Halim Perdana Kusuma dan mengangkut bantuan pemerintah pusat terdiri APD serta masker, tiba di Lanudsri Manado. (ANTARA/HO/Dispen Lanudsri)

Jakarta (ANTARA) - Markas Besar TNI Angkatan Udara akan memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 pada Kamis (9/4) yang digelar secara sederhana di tengah wabah COVID-19 di Indonesia.

"Kita akan memperingati HUT Ke-74 TNI AU secara sederhana. Kita tidak ingin menghilangkan makna peringatan HUT TNI AU ini di tengah wabah COVID-19 ini," kata Kepala Subdinas Penerangan Umum Dispenau Kolonel (Sus) Muhammad Yuris ketika dikonfirmasi, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, acara peringatan HUT TNI AU ini hanya menggelar upacara kecil yang dipimpin oleh Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna, di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur yang juga dihadiri oleh para Pati TNI AU hingga tamtama.

"Upacara akan dihadiri oleh para Pati TNI AU, pamen hingga tamtama. Tidak banyak yang akan ikut upacara karena setiap peserta upacara dikasih jarak sekitar 1,5 meter," kata Yuris.
Baca juga: Lanud Supadio gelar bakti sosial kesehatan dalam rangka HUT TNI AU

Pada awalnya, kata dia, Mabes TNI AU enggan untuk melaksanakan kegiatan HUT TNI AU di tengah wabah COVID-19 ini. Namun, pihaknya tidak ingin menghilangkan makna peringatan HUT TNI AU, maka pelaksanaan HUT TNI AU tetap dilaksanakan dengan cara sederhana.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, kata dia, semua kegiatan yang telah direncanakan dalam peringatan HUT TNI AU hampir semuanya dibatalkan.

Kegiatan peringatan HUT TNI AU yang niscaya akan digelar dengan upacara besar seperti atraksi pesawat dan mengundang banyak orang, kegiatan donor darah, perlombaan bagi prajurit TNI AU harus dibatalkan.

"Kita tidak ingin mengundang banyak orang di tengah wabah COVID-19. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19," ujar Yuris.

Namun demikian, kata dia lagi, dalam peringatan hari jadinya, TNI AU memberikan santunan ke panti asuhan berupa sembako dan memberikan alat kesehatan kepada petugas medis.
Baca juga: HUT TNI AU momen tingkatkan pengabdian
 
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020