Cegah COVID-19, Polda-NU Papua semprot disinfektan di perumahan warga

Cegah COVID-19, Polda-NU Papua semprot disinfektan di perumahan warga

Personel Satgas Pencegahan Ditbinmas Polda Papua dan LPBI NU Provinsi Papua melaksanakan persiapan penyemprotan disinfektan di Kompleks Perumahan Sosial Dok VIII Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, guna mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona. ANTARA/HO-Humas Polda Papua

Jayapura (ANTARA) - Satgas Pencegahan Ditbinmas Polda Papua dan Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia (LPBI) NU Provinsi Papua melaksanakan penyemprotan disinfektan di Kompleks Perumahan Sosial Dok VIII Atas, Kota Jayapura guna memutus rantai penyebaran virus corona baru (COVID-19).

Wakasatgas Pencegahan Ditbinmas Polda Papua AKBP Karla Yakobus di Jayapura, Kamis (9/4), mengapresiasi kepedulian LPBI NU Papua dalam pencegahan penyebaran virus corona di Kota Jayapura.

"Saya apresiasi dan mengharapkan nantinya ada lembaga masyarakat lain yang ikut bergabung dalam kegiatan sosial ini sehingga kita semakin kuat. Kegiatan inilah yang diharapkan oleh pemerintah bahwa ada kepedulian dan partisipasi aktif dari masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Polda Papua dan jajaran polres dan polsek siap bersinergi dengan berbagai pihak dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona, salah satunya melaksanakan penyemprotan disinfektan.

"Kegiatan seperti ini akan kita padukan serta kita teruskan ke daerah-daerah lain di Papua dan kami siap bekerja sama dengan semua elemen masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona," kata Karla.

Ketua LPBI NU Provinsi Papua Daryono mengimbau semua lapisan masyarakat bersama-sama membantu pemerintah membasmi pandemi virus corona.

"Tujuan dari pelaksanaan penyemprotan ini adalah dalam rangka mencegah penularan penyakit corona di Kota Jayapura dan khususnya di Kompleks Perumahan Sosial Dok VIII Atas agar penyakit COVID-19 tidak menyebar lagi," katanya.

Baca juga: MUI Papua imbau warga tidak mudik, cegah penyebaran COVID-19

Ia mengharapkan kegiatan itu berjalan dengan lancar juga di tempat yang lain.

"Saya berharap mudah-mudahan kegiatan yang kita laksanakan di kompleks ini dan kegiatan lainnya di tempat lain di wilayah Kota Jayapura dapat berjalan dengan baik," katanya.

Ia juga berterima kasih kepada Polda Papua yang telah bekerja sama dengan LPBI NU Provinsi Papua dalam kegiatan itu.

Mengenai Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri, Daryono juga mengimbau umat muslim mengikuti arahan dan saran pemerintah untuk tidak mudik sehingga bisa mencegah penyebaran corona.

"Saya imbau kepada umat Islam untuk tidak melaksanakan mudik terlebih dahulu dan kepada keluarga yang ada di luar Jayapura agar tidak datang ke Jayapura karena sesungguhnya kita berharap COVID-19 ini tidak menyebar," katanya.

Ia menyebut penanganan penyebaran virus corona harus dilakukan secara bersama-sama.

"Mari kita perangi bersama-sama dengan selalu mencuci tangan membiasakan hidup bersih, melakukan 'social distancing' (pembatasan sosial) di setiap pertemuan, hindari perkumpulan massa yang besar dan selalu 'stay' (tinggal) di rumah untuk memutus COVID ini," ujarnya.

Baca juga: Kapolda Papua imbau warga tidak mudik guna cegah persebaran corona
Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19, NU Papua imbau warga tunda mudik Lebaran
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020